1. Arduino dan Proyek Berbasis Internet

  • 0

1. Arduino dan Proyek Berbasis Internet

Tags :

1. Arduino dan Proyek Berbasis Internet 

Bab ini memperkenalkan Arduino dan memberikan gambaran tentang berbagai proyek berbasis Intemet. Diharapkan dengan berakhirnya bab ini, Anda mendapatkan bayangan tentang kegunaan pemrograman berbasis Internet.

GAMBAR 1 . 1

Arduino Uno, papan elektronik seukuran kartu kredit

1.1 Pengantar Arduino

Arduino dikenal sebagai papan elektronis yang di dalamnya mengandung satu microcontroller buatan perusahaan Atmel dan berbagai peranti pendukung yang memungkinkan siapa saja dengan mudah dapat membuat berbagai proyek elektronika, Secara fisik, terdapat berbagai jenis Arduino. Salah satu yang terkenal dinamakan Genuino atau Arduino Uno (Gambar 1.1).

Sebenarnya, nama Arduino tidak hanya menyatakan perangkat keras, melainkan juga perangkat lunak. Secara lebih spesifik, perangkat lunak yang digunakan untuk membuat sketsa (nama khusus untuk program yang digunakan untuk mengendalikan perangkat keras) diberi nama Arduino IDE. Adapun bahasa yang digunakan untuk menyusun sketsa sangat menyerupai C atau C++.

Dengan menggunakan Arduino, proses untuk menyusun sketsa, menguji sintaks pemrograman hingga ke pengunggahan sketsa ke papan Arduino sangat mudah dan cepat dilakukan. Selain itu, harga papan Arduino pun makin murah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, Arduino Uno banyak digunakan untuk kepentingan penyusunan tugas akhir maupun untuk membuat prototipe penyelesaian suatu masalah yang melibatkan perangkat elektronis.

1.2 Internet Sebagai Media Pengiriman Data

Internet sebagai jaringan global memungkinkan pengaksesan informasi di mana saja. Oleh karena itu, Internet dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengirimkan data yang berasal dari suatu sensor ke tempat yang sangat jauh. Sebagai contoh, suhu di suatu tempat dapat dipantau dari tempat lain dengan memasang sensor dan menaruh sistem yang dapat mengirimkan suhu tersebut melalui Internet. Kemudian, pihak klien dapat memperoleh data tersebut, sebagaimana diilustrasikan pada Gambar 1.2.

GAMBAR 1.2 Pemantauan suhu dari jarak jauh

1.3 Arduino dan Peranti Pengakses

Internet

Arduino sebagai pemroses dapat mengirim data yang berasal dari suatu sensor ke penerima melalui Internet sehingga diperlukan peranti yang dapat bertindak sebagai perantara, contohnya dengan menggunakan Arduino WiFi Shield (Gambar 1.3) yang dimungkinkan untuk membuat Arduino sebagai web server. Dengan demikian, klien dapat mengakses Arduino hanya dengan mengetikkan alamat IP-nya dari suatu browser. Aplikasi yang dapat dilakukan dengan pendekatan ini, antara lain:

GAMBAR 1.3 

Arduino WiFi Shield ditumpukan di

atas papan Arduino

  1. mengendalikan lampu di rumah, dan
  2. memantau suhu dan kelembaban udara di suatu tempat.

Dengan memanfaatkan peranti seperti WiFi Shield dimungkinkan pula untuk membuat Arduino sebagai klien yang meminta layanan suatu database server untuk mengirimkan data yang berasal dari sensor. Model seperti ini memungkinkan suatu web server yang lebih handal daripada Arduino untuk menangani permintaan dari sejumlah klien. Jadi, klien yang hendak memanfaatkan data tidak berhubungan dengan Arduino, tetapi dengan web server. Hal inilah yang biasa digunakan pada server yang melayani Internet of Things (IOT). Contoh aplikasinya, antara lain untuk mencatat data suhu di suatu tempat untuk setiap saat. Lalu, sejumlah klien dapat memperoleh sejarah suhu vang disajikan dalam bentuk grafik. Gambar 1.4 memberikan ilustrasi mengenai sistem vang mengirimkan data dari sensor untuk disimpan ke dotabase server, sedangkan Gambar 1.5 memperlihatkan satu klien yang sedang memanfaatkan data dari database server.

GAMBAR 1.4

Sistem berbasis Arduino sebagai klien dapat mengirimkan data ke database server

GAMBAR 1.5

Klien dapat memanfaatkan data yang tercatat di database server

Aplikasi lain yang memanfaatkan Internet adalah pengiriman email. Sebagai contoh, jika terjadi sesuatu keadaan yang tidak normal, sistem yang melibatkan Arduino dapat memberi peringatan kepada pemakai dengan cara mengirimkan email.

 

 


Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rahasia Bikin Aplikasi Playstore tidak Pake Coding Seri 02

Rahasia Bikin Aplikasi Playstore tidak Pakai Coding Seri 01

ebook murah dan berkualitas. banyak diskonnya. beli segera!!!

TAS MOBIL MULTIFUNGSI

Location

Visitor

0379468
Hari ini : 250
Kemarin : 338
Bulan ini : 4432
Total Kunjungan : 379468
Who's Online : 3
error: Content is protected !!