18. Eksperimen dengan Sensor Gas dan Api

18. Eksperimen dengan Sensor Gas dan Api

Dengan adanya Pemrograman Arduino dengan Ardublock akan mempermudah seorang yang tidak mengerti bahasa pemrograman untuk mempelajari dan memahami serta mempraktekkan alat-alat apa saja yang terhubung dengan arduino.

Bab ini membahas sensor yang berhubungan dengan gas dan sensor untuk mendeteksi api. Dibawah ini adalah contoh kasus dari awal dalam untuk menerapkan pemrograman arduino dengan ardublock melalui proses pembelajaran bertahap.

18.1 Sensor Gas 

Sensor gas yang paling populer untuk Arduino adalah sensor keluarga Tersedia berbagai sensor yang ditujukan untuk rnendetcksi gas-gas tertentu.Tabel berikut ini akan mencanttllnkan beberapa sensor jenis MQ.

Tabel 18.1 Sensor keluarga MQ

Gambar 18.1 memperlihatkan beberapa contoh sensor keluarga MQ.

Gambar 18.1 Sensor-sensor keluarga MQ

Modul keluarga MQ memiliki 4 pin. Gambar 18,2 memperlihatkan contoh modul MQ_03 dari sisi atas dan sisi bawah, Pada bagian bawah terdapat potensiometer yang digunakan untuľ mengatur kepekaan sensor ini. Secara prinsip, modul-modul MQ yang lain memiliki karakteristik serupa.

Gambar 18.2 Modul MQ-03

 

Cara menghubungkan modul MQ dengan Arduino adalah seperti berikut:

  • VCC: Pin ini dihubungkan ke pin 5V Arduino.
  • GND: Pin ini dihubungkan ke pin GND Arduino.
  • D0: Pin ini dihubungkan ke pin digital Arduino. Hasilnya berupa nilai 0 atau 1.
  • A0: Pin ini dihubungkan ke pin analog Arduino. Hasilnya berupa nilai antara 0 dan 1023.

Blok-blok yang digunakan untuk menangani sensor keluarga MQ adalah seperti berikut:

  • MQ-02
  • MQ-03
  • MQ-09

Semua blok ini di laci .

Bagaimana halnya untuk menangani sensor-sensor MQ yang lain? Sebenarnya sangat mudah untuk mewujudkan semua jenis sensor MQ tanpa bergantung sensor sangat mudah untuk mewujudkan semua jenis sensor MQ tanpa bergantung sensor

Seperti Hal ini alcan dijelaskan belakangan.

Gambar 18.3 memperlihatkan contoh rangkaian yang digunakan untuk melakuk pengujian rnodul sensor MQ-03. Sensor ini dapat digunakan untuk menguji asap rokok, etanol, atau alkohol.

Gambar 18.3 Rangkaian yang menghubungkan MQ-03 dan Arduino

Harap berhati-hati jika menggunakan sensor keluarga MQ karena sensor mengeluarkan panas yang dapat melukai tangan. Selain itu, jangan kaget jika terdapat bau menyengat seperti barang yang terbakar

Untuk mempraktikkan MQ-03, silakan untuk membuat proyek baru bernama mq3.abp. Lalu, susunlah blok seperti terlihat pada Gambar 18.4.

Gambar 18.4 Blok untuk percobaan MQ03

Pada proyek ini, blok set interger variable digunakan untuk mengisikan nilai yang di dapat sensor ke variabel nilaiPin. Selanjutnya, isi variable ini dikirimkan ke serial Monitor, sehingga anda memantau nilai yang dihasilkan sensor setiap saat.digunakan isi untuk variabel mengifikan ini dikirimkan nilai

Contoh hasil pengujian ditunjukkan pada Gambar 18.5. Gambar sebelah kiri menunjukkan keadaan ketika sensor tidak mendeteksi alkohol. Nilai memang bervariasi, tetapi dari hasil pemantauan tidak pernah mencapai 300. Adapun gambar sebelah kanan menunjukkan keadaan ketika botol Yang berisi alkohol 70% dengan tutupnya dalam keadaan terbuka diletakkan sekitar 1 cm di dekat sensor (Gambar 18.6). Hasilnya, nilai Yang dibangkitkan Oleh sensor lebih besar daripada 400. Berdasarkan percobaan ini, Anda bisa memutuskan sendiri ambang yang digunakan untuk menentukan keberadaan alcohol.

Gambar 18.5 Contoh hasil pengujian sensor MQ-03

 

 

Gambar 18.6 Pengujian sensor MG-03 dengan botol berisi alcohol

Sebagai alternatif, penanganan MQ-03 dapat dilakukan tanpa menggunakan

blok . Untuk mempraktikkannya, silakan untuk membuat proyek baru bernama mq2a . abp. Lalu, susunlah blok seperti terlihat pada Gambar 18.7.

Gambar 18.7 Blok untuk menguji sensor MQ-03 dengan menggunakan blok analog pin

Secara prinsip, cara seperti pada Gambar 18.7 dapat digunakan untuk sensor sensor MQ yang lain.

Contoh lain penggunaan sensor MQ-03 digunakan untuk memberikan dengan menyalakan LED sekiranya nilai yang dihasikan mencapai ambar Pertama-tama,rangkaian seperti terlihat pada Gambar 18.8 perlu disus dahulu.Kemudian, buat proyek baru bernama mq3b.abp. Lalu, susunlah terlihat pada Gambar 18.9.

Gambar 18.8 Rangkaian untuk percobaan MQ-03 dan LED

Gambar 18.9 Blok untuk percobaan M0-03 dan LED

Pada proyek ini, nilai yang dihasilkan oleh sensor (disimpan di variabel Nilaipin) dibandingkan dengan suatu nilai ambang, yakni 450. Jika nilai di variabel tersebut lebih besar atau sama dengan 450, hal itu menandakan bahwa alkohol terdeteksi, LED yang terhubung ke pin 2 dihidupkan selama 2 detik.

18.2 Sensor Api 

Sensor api digunakan untuk mendeteksi api atau radiasi. Sensor ini juga dapat mendeteksi sumber cahaya yang memiliki panjang gelombang antara 760 nm hingga 1100 nm. Sensor ini biasa dikemas dalam bentuk modul. Contoh modul  sensor api ditunjukkan pada Gambar 18.10. Model ini menyerupai dengan modul sensor api Keyes KY-026.

 

Gambar 18.10 Sensor api

Modul ini mempunyai empat pin, dengan fungsi masing-masing seperti berikut:

  • VCC: Pin ini dihubungkan ke sumber tegangan antara 3,3V hingga 5V.
  • GND: Pin ini dihubungkan keground.
  • D0: Pin inj dihubungkan ke pin digital, dan memberikan keluaran berbentuk digital (LOW atau HIGH).
  • A0: Pin ini dihubungkan ke pin analog, dan memberikan nilai integer antara 0 dan 1023.

Contoh hubungan antara modul ini dan Arduino ditunjukkan pada Gambar 18.11.

 

Gambar 18.11 Hubungan modul sensor api dan Arduino

ArduBlock menyediakan blok yang digunakan untuk menangani modul ini, berupa:

Blok ini tersedia do laci  .

Sebagai alternatif, blok berikut juga bisa digunakan:

Blok ini tersedia di laci  .

Untuk mempraktikkannya, silakan untuk membuat proyek baru bernama api .abp. Lalu, susunlah blok seperti terlihat pada Gambar 18.12.

Gambar 18.12 Blok untuk memantau sensor api

Pada proyek ini, nilai balik blok flame sensor yang memantau sensor pada pin 2 disimpan Pada proyek pada variabel ini, nilai bertipe balik digital blok flame yang bernama NILAI PIN. Selanjutnya, sensor pada isi variabelPin 2 ini dikirimkan ke Serial Monitor. Contoh hasil pengujian ditunjukkan pada Gamb 18.13. Pengujian dapat dilakukan dengan mendekatkan lilin yang telah dinyalakan kear sensor api atau dengan menyalakan senter menyoroti sensor (Gambar 18.14).

Gambar 18.13 Hasil pengujian sensor api

Gambar 18.14 Contoh pengujian dengan lilin

Anda ingin memantau nilai analog yang dihasilkan oleh sensor, Anda perlu rangkaian seperti yang diperlihatkan pada Gambar 18.15.

Gambar 18.15 Rangkaian untuk membaca data analog dari sensor api

Selanjutnya, proyek baru perlu dibuat dan disimpan dengan nama api2. abp. Blok yang terkandung di proyek ini ditunjukkan pada Gambar 18.16.

Gambar 18.16 Blok untuk memantau nilai analog yang dibangkitkan oleh sensor api

Karena data yang dibaca berupa data analog, blok analog pin digunakan.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!