5 Wisata Edukasi Populer di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi saat Liburan Akhir Semester untuk Siswa TK, SD, SMP dan SMA

  • 0

5 Wisata Edukasi Populer di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi saat Liburan Akhir Semester untuk Siswa TK, SD, SMP dan SMA

Kota Pelajar merupakan simbol yang melekat kuat pada kota Yogyakarta. Apabila diibaratkan rumah bagi berbagai satuan pendidikan negeri dan swasta, Yogyakarta menjadi kota tujuan dalam mencari ilmu bagi pelajar-pelajar dan siswa siswi dari sabang sampai merauke karena di kota Yogyakarta inilah banyak Lembaga dan Institusi Pendidikan baik negeri maupun swasta yang sangat berkualitas.  Selain itu, kota Yogyakarta juga menyimpan berbagai macam wisata edukasi ilmiah sehingga akan semakin memperkaya ilmu pengetahuan dan memperluas sudut pandang kita.

Wisata Edukasi biasa dilakukan oleh Institusi Pendidikan formal seperti TK, SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA ( Sekolah Menengah Atas) sebagai salah satu bentuk pembelajaran untuk memotivasi dan mempeluas pengetahuan siswa. Bagi para wisatawan dan institusi Pendidikan yang memiliki program wisata edukasi terprogram dalam 1 tahun, kota yogyakarta merupakan pilihan prioritas dan terbaik untuk kunjungi. Berikut ini adalah beberapa wisata edukasi di yogyakarta yang telah kami rangkum dan bisa dikunjungi saat berada di Jogja.

 

  1. Proactive Education (Robotics School)

Terletak 1 km dari RingRoad Timur yakni di Jl Wonosari km 7 Mantup Baturetno Banguntapan Bantul Yogyakarta, Proactive Robotics School merupakan tempat wisata edukasi di bidang robotika yang sangat menarik dikunjungi oleh siswa siswi TK, SD, SMP dan SMA di Yogyakarta. Disini pengunjung akan diperkenalkan sejarah robotika, Pendidikan robotika, demo berbagai macam robot seperti robot line follower analog, line follower digital, robot transporter yang dikendalikan oleh android maupun dengan suara, serta robot humanoid dengan 6 motor servo. Selain itu teknologi Internet of Things atau IoT juga di demontrasikan melalui alat peraga yang semuanya terkoneksi dengan internet. Edukasi tentang teknologi robotika yang saat ini berkembang pesat akan dijelaskan dalam kunjungan wisata edukasi tersebut sehingga akan membuka cakrawala pandang baru bagi para siswa dalam menemukan passion, bakat dan minat siswa untuk masa depannya terutama di bidang IT, Internet, dan Robotika. Berikut ini beberapa prototype robotika yang dikembangkan di Proactive :

Untuk berkunjung ke Proactive Robotics School dan mengetahui info lebih lanjut mengenai program wisata edukasi dari Proactive Robotics School, silahkan klik link whatsapp dibawah ini :

  1. Taman Pintar

Terletak disekitar pusat perbelanjaan malioboro, atau 200 meter arah timur dari perempatam Nol Km. Wisata Edukasi Taman Pintar merupakan pusat sains yang terdiri dari 6 wahana berbeda, dan memiliki beberapa zona yang menyediakan berbagai macam alat peraga dengan berbagai konsep, yakni meliputi antariksa, ilmu pengetahuan modern, dan sejarah.

Berbeda dengan Proactive Robotics School yang menitik beratkan pada ketertarikan pengunjung atau siswa siswi di bidang robotika, Taman Pintar menitik beratkan pada ilmu sains. Sangat kaya akan konsep belajar dan bermain, taman pintar dapat disebut sebagai laboratorium raksasa dimana anak-anak dan pengunjung dapat berkreasi serta memperdalam ilmu pengetahuan yang telah mereka dapatkan di sekolah. Selain itu Taman pintar juga memiliki berbagai media sehingga konsep ilmu pengetahuan menjadi lebih sederhana dan logis yang semuanya dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari. Adapun konsep ini bertujuan untuk memotivasi anak agar menyukai sains serta memacu kreatifitas mereka dalam mempelajari sains di sekolah.

  1. Monumen Jogya Kembali

Tempat wisata yang satu ini menitik beratkan pada sejarah napak tilas mengenai perjuangan pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.Terletak di Ring Road Utara Yogyakarta, monumen ini merupakan wisata edukasi sebagai pengingat mundurnya tentara penjajah di Yogyakarta dan awal baru Negara Indonesia yang berdaulat.

Wisata Edukasi berbentuk Monumen ini terdiri dari 3 tingkat yang menampillan relief, diorama, serta benda-benda yang menggambarkan bagaimana pahlawan pada masa itu berjuang ditahun 1945-1949. Yang paling menarik dari monument perjuangan ini adalah puncak bangunan atau dikenal dengan nama Garbha Graha dimana terdapat bukti fisik dari para pahlawan. Wisatawan dapat berkontemplasi serta merenungi perjuangan serta jasa para pahlawan pada masa tersebut. Dengan berkunjung disini, diharapkan akan membangkitkan rasa nasionalisme, pembelajaran mengenai nilai-nilai patriotisme, kegigihan, serta semangat pantang menyerah sebagai modal dalam berkontribusi untuk membangun Indonesia yang mandiri di masa depan.

  1. Museum Affandi

Museum Affandi terletak Jalan Laksamana Adi Soetjipto No.167, Sleman Yogyakarta. Museum ini menyimpan beratus ratus lukisan karya maestro Affandi. Museum ini merupakan bangunan rumah tempat tinggal pelukis Affandi dan keluarganya dan tempat dimana maestro Affandi membuat karya karya lukisannya yang mendunia.

Museum ini terdiri dari 3 galeri yang menampilkan berbagai koleksi pribadi keluarga Affandi beserta lukisan karya pelukis besar Indonesia lainnya. Tujuan mengunjungi museum ini adalah wisatawan dapat menambah wawasan mengenai berbagai aliran dalam lukisan.  Hali uni lainnya adalah ada lukisan karya sang maestro yang tidak akan jelas terlihat dari dekat namun dari jauh akan tampak gambar yang diinginkan oleh Affandi.

  1. Desa Wisata Batik Kayu Krebet

Wisata Edukasi ini terletak di Dusun Krebet, Sendangsari, Pajangan Bantul. Desa wisata Batik kayu krebet menawarkan kepada pengunjung wisatawan untuk melihat proses produksi hingga pemasaran produk batik kayu sehingga wisatawan dan pengunjung bertambah wawasannya dan terinspirasi sehingga memicu ide ide kreatifitas lainnya di masa datang.

Berbeda dengan batik yang dihasilkan dengan motif batik tertentu dari media kain, di desa wisata batik kayu krebet ini motif batik di buat pada media kayu, bukan dari media kain pada umumnya. Hasil kerajinan yang dihasilkan pun beraneka ragam mulai dari furniture, alat kesenian, hingga aksesoris yang semuanya terbuat dari kayu.

Selain wisata edukasi yang telah di dijelaskan di atas, masih banyak sekali tempat wisata edukasi yang bisa kita temukan, eksplorasi dan kita kunjungi di Yogyakarta. Rekomendasi yang kami berikan di atas adalah tempat edukasi terpopuler dan terbaik yang layak dikunjungi ketika anda berlibur di Yogyakarta dikunjungi. Happy Holiday dan Tetap Semangat Belajar.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

Rahasia Bikin Aplikasi Playstore tidak Pakai Coding Seri 01

Rahasia Bikin Aplikasi Playstore tidak Pake Coding Seri 02

ebook murah dan berkualitas. banyak diskonnya. beli segera!!!

TAS MOBIL MULTIFUNGSI

Location

Visitor

0123729
Hari ini : 297
Kemarin : 217
Bulan ini : 5952
Total Kunjungan : 123729
Who's Online : 3