Ekstrakurikuler Robotika

  • 0

Ekstrakurikuler Robotika

Sebagai Lembaga Pendidikan yang bergerak di bidang jasa pendidikan robotika, Proactive Robotics School melakukan kerjasama dengan berbagai instansi pendidikan lainnya seperti TK, Sekolah Dasar atau SD, Sekolah Menengah Pertama atau SMP, Sekolah Menengah Atas atau SMA bahkan Perguruan Tinggi dalam mengembangkan ilmu robotika melalui kegiatan ekstrakurikuler sekolah atau komunitas robotika dilingkungan perguruan tinggi.

Tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler robotika ini adalah menyalurkan minat dan bakat siswa dalam bidang robotika sehingga akan menambah wawasan dan kemampuan dalam ilmu robotika. Sedangkan tujuan yang terpenting bagi sekolah dan perguruan tinggi dari pengadaan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler robotika adalah untuk berpartisipasi mengikuti kejuaraan lomba robotika baik ditingkat lokal, nasional maupun di Internasional. Terbukti, banyak sekolah-sekolah yang kami dampingi mampu berbicara lebih jauh di perlombaan robotika tersebut. Yakni menjadi juara diajang bergengsi lomba robotika baik skala regional maupun internasional.

Berikut ini video kegiatan ekstrakurikuler robotika di sekolah:

Adapun materi kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan dengan sekolah adalah sebagai berikut :

  1. ROBOKIDS (Robot For Kids). Dikenal dengan Program Assembling Robot. Materi di program ekstrakurikuler Robokids yakni mengajarkan dan mengenalkan teknologi robotik kepada anak usia dini. Diantaranya adalah: merangsang rasa keingintahuan anak sehingga akan sangat baik bagi pertumbuhan intelegensinya dimasa mendatang, melatih kemampuan syaraf motorik halus anak, melatih anak untuk selalu berfikir secara sistematis dan terstruktur, merangsang kemampuan kreatifitas, berinovasi serta kemampuan problem solving anak, melatih kerjasama yang baik karena robotik adalah tentang teamwork, melatih kesabaran anak karena dengan belajar robotika terdapat proses trial and error.
  2. KELAS JUARA. Kelas Juara dalam program kegiatan ekstrakurikuler robotika adalah program unggulan di Proactive dimana siswa diajarkan berbagai macam robot yang diperlombakan dan mempelajari trik dan strategi dalam memenangkan lomba. Materi yang diajarkan merupakan hal hal yang perlu dipersiapkan siswa untuk berprestasi diberbagai lomba robot seperti hal hal yang terkait dengan lomba robot serta trik dan strategi dalam meraih juara lomba robotika. Umumnya robot yang diperlombakan adalah Maze Solving Robot Analog Contest, Maze Solving Robot Arduino Contest, Lomba robot transporter, Lomba Robot Sumo, dan jenis lomba robot lainnya.
  3. KELAS MAKING ROBOT. Dalam program ekstrakurikuler robotika ini, siswa mempelajari dari nol cara membuat robot dari pengenalan komponen elektronika, pencetakan PCB, pembuatan mekanika hingga pemrograman robot dengan menggunakan arduino. Adapun proyek robot yang dibuat dalam program ekstrakurikuler robotika ini adalah sebagai berikut : Flip Flop, Running LED, Rain Detector, Robot Manual Sederhana, Robot Light Follower, Robot Object Follower, Robot Soccer Analog, Robot Pemadam Api, Robot Transporter, Robot Avoider, Robot Line Follower Analog, Robot Line Tracer, Robot Remote Control Arduinodroid, Moduller Kit Arduino dan Moduller Kit Internet of Things.

 


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

Rahasia Bikin Aplikasi Playstore tidak Pakai Coding Seri 01

Rahasia Bikin Aplikasi Playstore tidak Pake Coding Seri 02

ebook murah dan berkualitas. banyak diskonnya. beli segera!!!

TAS MOBIL MULTIFUNGSI

Location

Visitor

0188324
Hari ini : 100
Kemarin : 238
Bulan ini : 8361
Total Kunjungan : 188324
Who's Online : 3