Homeschooling

Proactive Homeschooling merupakan salah satu bagian dari keluarga Lembaga Bimbingan Proactive yang beralamatkan di Jl. Wonosari KM 07, Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul Yogyakarta.

Homeschooling secara bahasa diartikan sebagai sekolah di rumah. Secara istilah bisa diartikan sebagai kegiatan formal pembelajaran yang dilakukan di rumah. Home schooling sebenarnya adalah proses belajar mengajar antara guru dan siswa yang kegiatannya ada di rumah. Sama seperti pembelajaran di sekolah. Tapi, home schooling bukanlah kegiatan sekolah yang dipindah ke rumah. Home schooling dilakukan apabila seorang anak mengalami beberapa hambatan untuk bersekolah di institusi pendidikan pada umumnya seperti mengalami hambatan adaptasi dengan teman, terlalu lemah dalam proses pembelajaran, terlalu pandai, atau karena alasan kesibukan seperti para selebritis. Mereka atau orang tua mereka akhirnya mendaftar ke lembaga yang menyediakan homeschooling. Lembaga home schooling adalah lembaga formal yang mendapat legalitas dari pemerintah. Lembaga ini menyediakan guru pengajar yang datang ke rumah siswa untuk memberikan pembelajaran layaknya guru di sekolah pada umumnya.  Jenjang di lembaga homeschooling sama dengan jenjang sekolah pada umumnya. Siswa yang belajar di lembaga home schooling pada akhirnya bisa mendapat ijasah setara dengan siswa yang belajar di sekolah umum. Perbedaan dengan sekolah umum, home schooling lebih menitik beratkan pada perhatian individu. Jika di sekolah umum guru menghadapi lebih dari 30 siswa dalam satu kelas, maka dalam home schooling hanya one on one atau satu lawan satu. Maka dari itu perhatian guru bisa tercurah kepada siswa. Apakah home schooling sama dengan les privat? Tidak sama. Les privat adalah kegiatan untuk membantu siswa lebih mendalami materi di sekolah. Sedangkan homeschooling adalah proses belajar mengajar formal siswa sekolah yang dilakukan di rumah.

Proactive Homeschooling diselenggarakan dalam rangka membantu siswa-siswi yang tidak bisa mengikuti pendidikan formal di sekolah karena alasan-alasan tertentu. Kami merupakan cabang dari  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Bantul Yogyakarta di bawah naungan Dinas Pendidikan Nasional, berdiri pada tanggal 18 Oktober 1999 yang terakreditasi A. Proactive “Mandiri” didirikan untuk memberikan pelayanan pendidikan di jalur luar sekolah bagi mereka yang tidak tertampung di jalur sekolah. Hal ini dilaksanakan berdasar pada UU Nomor 20 Tahun 2003, bahwa Pendidikan Nasional itu dilaksanakan melalui jalur pendidikan formal, non formal, dan informal.

Program yang kami selenggarakan adalah sebagai berikut :

  1. Program Paket A Setara SD (klik disini utk detail)
  2. Program Paket B Setara SMP (klik disini untuk detail)
  3. Program Paket  C Setara SMA (klik disini untuk detail)
  4. Program Unggulan (klik disini untuk detail)

Status ijazah program Kejar Paket diakui pemerintah dan statusnya disamakan dengan ijazah yang diperoleh melalui Ujian Nasional (UN).

 

 

VISI DAN MISI 

Visi :

Membentuk insan yang cerdas, taqwa, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian Indonesia, serta tangguh terhadap perubahan.


Misi :

  1. Menanamkan jiwa keberanian bertindak, berperilaku jujur dan terbuka terhadap perubahan.
  2. Meningkatkan prestasi akademik dengan mempertimbangkan latar belakang kemampuan dan kemauan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
  3. Memberikan bekal pengalaman ketrampilan praktis dengan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan agar lulusannya mampu bersaing di segala bidang.
  4. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan agar menjadi insan yang cerdas, berbudi pekerti luhur dan berkepribadian Indonesia.

Connect with Us!

Location

Visitor

0055734
Hari ini : 184
Total Kunjungan : 55734
Who's Online : 1