Kurikulum Homeschooling

Kurikulum Homeschooling Program Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket A untuk setara SD, Kejar Paket B untuk setara SMP dan Kejar Paket C untuk setara SMA dikembangkan sejalan dengan tantangan dan dinamika yang dihadapi oleh masyarakat pada jamannya. Pengembangan kurikulum harus mempertimbangkan karakteristik dan kesiapan peserta didik, mengingat tingginya keragaman latar belakang keluarga dan masyarakat tempat tumbuh kembang peserta didik. Hal ini sejalan dengan pendekatan pengembangan kurikulum pendidikan kesetaraan bahwa pendidikan kesetaraan diperuntukkan untuk mengatasi masalah putus sekolah, atau droup-out, atau dislokasi peserta didik dari sekolah formal karena berbagai sebab. Selain itu, pendidikan kesetaraan juga diperlukan karena masalah keterbatasan akses, atau ketidakbisaan mencapai harapan memasuki sekolah formal, karena keterbatasan tempat atau ruang di sekolah formal dalam menampung angkatan peserta didik yang terus bertambah. Lebih dari itu, pendidikan kesetaraan juga diperlukan sebagai penciptaan ruang kreatif, atau arena sosial atau arena publik yang kreatif dan produktif, atau sebagai pendidikan alternatif untuk menumbuhkan kewirausahaan, keterampilan khusus, kecakapan hidup khusus dalam bidang-bidang tertentu, dan kemampuan memasuki dunia kerja.

Kurikulum ini dikembangkan dengan melakukan kontekstualisasi Kurikulum 2013 pendidikan formal melalui konseptualisasi, rincian materi, kejelasan ruang lingkup, deskripsi kata kerja operasional, dan rumusan kalimat. Kontekstualisasi tetap mengacu pada standar kompetensi lulusan seperti yang terdapat dalam pendidikan formal. Kurikulum 2013 memiliki dimensi pengetahuan, melalui keterampilan yang berorientasi pada pemahaman dan pengalaman sosial serta praktek, dan memperkuat komitmen publik peserta didik melalui proyek-proyek keterlibatan sosial.

Kurikulum ini menargetkan peserta pelatihan mampu dalam memahami strategi pengembangan kurikulum pendidikan kesetaraan dengan memperhatikan sasaran peserta didik dan permasalahannya, program prioritas yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan, dan proses pemberdayaan dalam pendidikan kesetaraan.

Mulai tahun 2018, Modul dalam Pendidikan Kesetaraan Program Kejar Paket A, Kejar Paket B maupun Kejar Paket C akan menggunakan Kurikulum K13 sebagai upaya untuk meningkatkan standard kualitas kelulusan siswa siswi Program kejar paket.

Berikut ini adalah Kurikulum K13 untuk Homeschooling Program Kesetaraan :

  1. Kurikulum Homeschooling K13 untuk Program Kesetaraan Paket A atau Setara SD (KLIK DISINI UNTUK DETAIL)
  2. Kurikulum Homeschooling K13 untuk Program Kesetaraan Paket B atau Setara SMP (KLIK DISINI UNTUK DETAIL)
  3. Kurikulum Homeschooling K13 untuk Program Kesetaraan Paket C atau Setara SMA (KLIK DISINI UNTUK DETAIL)

 

Semoga penjelasan dalam details mengenai Kurikulum Homeschooling K13 tersebut berguna bagi Tutor, Orang tua dan siswa sebagai panduan dalam kegiatan materi belajar mengajar yang nantinya di implementasikan dalam bentuk modul belajar untuk Homeschooling Program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C.

Apabila ada yang kurang jelas, silahkan bisa menghubungi melalui link whatsapp di bawah ini :

 

BACA JUGA: (KLIK LINK DIBAWAH INI UNTUK MELIHAT LEBIH LANJUT)

  1. GALERY WISUDA PROACTIVE HOMESCHOOLING MANDIRI YOGYAKARTA TAHUN 2018/2019
  2. GALERY WISUDA PROACTIVE HOMESCHOOLING MANDIRI YOGYAKARTA TAHUN 2020/2021

 


Rahasia Bikin Aplikasi Playstore tidak Pake Coding Seri 02

Rahasia Bikin Aplikasi Playstore tidak Pakai Coding Seri 01

ebook murah dan berkualitas. banyak diskonnya. beli segera!!!

TAS MOBIL MULTIFUNGSI

Location

Visitor

0349234
Hari ini : 290
Kemarin : 534
Bulan ini : 7183
Total Kunjungan : 349234
Who's Online : 8