Jangan Salah Pilih Sekolah Buat Anak!

  • 0

Jangan Salah Pilih Sekolah Buat Anak!

Tahun ajaran baru sebentar lagi akan segera tiba. Para orang tua mulai sibuk mencarikan sekolah barubagi anak mereka. Khususnya bagi orang tua yang memiliki anak berusia akan memasuki pendidikan anak usia dini, taman kanak-kanak, ataupun sekolah dasar pastilah sangat selektif dalam memilih sekolah yang tepat bagi buah hati mereka. Begitu banyak sekolah yang ditawarkan dengan embel-embel fasilitas yang beragam, harga yang di bandrol oleh sekolah-sekolah kini pun cukup tinggi. Sehingga pemilihan sekolah berdasarkan kebutuhan anak sangatlah penting dilakukan oleh orang tua. Tidak hanya melihat fasilitas yang ditawarkan, namun juga menyesuaikan sistem pembelajaran yang di berikan dengan kebutuhan si anak. Jangan sampai anda membayar mahal untuk sekolah anak namun sistem pendiidkan yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhana naak sehingga pembelajaran yang diterima tidak maksimal.

Nah… lalu bagaimana cara untuk memilih sekolah yang sesuai bagi buah hati?

Begini tipsnya.. 🙂

  1. Memperhatikan kebutuhan psikologis mendasar anak dan memperhatikan tahapan perkembangan anak.

Contohnya, kebutuhan anak untuk merasa mampu. Apakah sekolah tersebut misalnya memberikan kesempatan bagi anak untuk menampilkan kebiasaannya, atau apakah sekolah memberi kesempatan kepada anak untuk mengikuti kompetisi meskipun ia tidak berprestasi.

  1. Dapat memenuhi kebutuhan individual anak

Sekolah yang seperti ini biasanya melakukan pembedaan cara pengajaran, misalnya memberikan tugas yang lebih sulit untuk anak yang sudah lebih advanced atau menerangkan dengan menggunakan alat bantu gambar untuk anak yang memiliki gaya belajar visual.

  1. Dapat membantu pencapaian tujuan jangka panjang orangtua untuk anak masing-masing.

sekolah harus memiliki nilai-nilai yang sama dengan orangtua. Misalnya bila orangtua menginginkan anak memiliki kemandirian, apakah sekolah tersebut melakukan hal-hal yang bisa membuat anak mandiri atau selalu membantu anak dalam melakukan segala sesuatu sehingga tidak melatih kemandirian anak. Hal ini bisa dilihat pada saat kunjungan ke sekolah.  Selain berbicara dengan kepala sekolah, sempatkan untuk berbicara dengan guru, murid, atau mungkin orangtua lain yang ada di sekolah.

  1. Visi dan misi

Memilih sekolah yang tepat untuk anak tentulah yang sesuai dengan visi dan misi orang tua menyangkut pendidikan. Misalnya, orang tua yang memasukan anaknya di sekolah yang mengutamakan pendidikan agama. Harus yakin kalau pendidikan agama yang diberikan mereka di rumah juga sama bagus dan diutamakan.

  1. Lingkungan sekolah

Suasana sekolah yang menyenangkan dan membuat orang “betah” untuk menghabiskan waktu. Memiliki perpustakaan sekolah yang cukup lengkap. Staf dan guru yang ramah terhadap semua pengunjung dan siswa.

  1. Jarak

Untuk anak usia TK dan SD, jarak sekolah jadi hal yang harus dipertimbangkan. Sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh lebih sesuai untuk anak usia sekolah TK dan SD. Sekolah terlalu jauh membuat anak menjadi terlalu lelah mulai dari harus bangun pagi sampai macet-macetan. Tidak cukup istirahat membuat konsentrasi belajar tidak baik.

  1. Biaya

Tentunya sebagai orang tua kita ingin memasukan anak di sekolah yang memiliki fasilitas dan sistem belajar terbaik. Tapi jangan lupa memperhatikan kemampuan finansial kita. Tanyakan pada diri sendiri, mampukah kita menyekolahkan anak di tempat tersebut. Misalnya, bila kita ingin menyekolahkan anak di sekolah internasional, pastikan kita mampu membayar biaya sekolah anak bukan hanya saat ini tapi seterusnya hingga lulus.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

Location

Visitor

0093143
Hari ini : 46
Kemarin : 302
Bulan ini : 4318
Total Kunjungan : 93143
Who's Online : 4