Kuliah Kerja Lapangan atau KKL untuk Mahasiswa

  • 0

Kuliah Kerja Lapangan atau KKL untuk Mahasiswa

Kuliah Kerja Lapangan atau yang disingkat dengan KKL atau Program magang mahasiswa merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara individual yang bersifat intrakurikuler, berorientasi pada program akademik dengan bobot 3 sks di bawah bimbingan dosen. Berbeda dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN), kegiatan KKL lebih banyak melibatkan kegiatan pengamatan atau observasi dan mahasiswa memang belum diwajibkan untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat. Sedangkan kegiatan KKN memang mewajibkan mahasiswa untuk langsung memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui pengabdian dan pemberdayaan di lingkungan masyarakat.
KKL ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa agar nanti nya mahasiswa tersebut mampu memahami dunia kerja yang nyata pada saat mereka telah lulus. Selain itu KKL juga bertujuan untuk membandingkan antara materi teoritis yang ia dapat di bangku kuliah dengan keadaan nyata dunia industri.
Kegiatan KKL bukan hanya sekedar kunjungan semata. Harus ada manfaat yang diperoleh mahasiswa ketika menjalani kegiatan KKL. Manfaat Kuliah Kerja Lapangan (KKL) antara lain:
1. Dengan KKL ini mahasiswa dapat membandingkan antara teori yang telah diperoleh di bangku perkuliahan dengan aplikasinya di dunia nyata.
2. Melalui KKL, mahasiswa dapat mengetahui seluk beluk profesi yang berkaitan dengan bidang studi yang sedang dipelajari.
3. Dengan pengalaman dan wawasan yang diperoleh ketika KKL, mahasiswa akan lebih siap ketika harus masuk ke dunia kerja dan bersosialisasi dengan masyarakat. Sehingga, para lulusan tidak akan merasa bingung lagi untuk bersikap dan dapat menghadapi segala kemungkinan masalah yang dapat terjadi.
4. Pelaksanaan KKL akan mendukung kegiatan akademik selanjutnya bagi mahasiswa. Karena pada umumnya kegiatan KKL lebih banyak berupa kegiatan observasi atau pengamatan, maka hasil dari pengamatan itu yang dapat menjadi sumber inspirasi untuk skripsi yang memang menjadi syarat untuk menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Keberhasilan pelaksanaan KKL memang tidak dapat dilihat saat itu juga ketika mahasiswa masih belajar di perguruan tinggi. Hasil pelaksanaan KKL dalam bentuk laporan kuliah kerja lapangan (KKL) dan akan berdampak jelas ketika mahasiswa itu telah lulus dari perguruan tinggi. Mahasiswa yang sudah mengikuti KKL, tentu akan lebih paham dan siap untuk menghadapi profesi yang hendak dituju.
Mahasiswa yang mengikuti KKL tentunya harus memenuhi syarat akademik terdahulu. Misalnya harus menempuh 120 sks tergantung ketetapan dari Prodi dan Universitasnya. KKL biasnya di adakan pada semester 5, semester 6, atau semester 7. Setelah mahasiswa melaksanakan program KKL nantinya mahasiswa juga diharuskan membuat laporan secara individu berkaitan dengan jalannya KKL dan apa yang di dapat pada saat KKL tersebut.
Kegiatan KKL juga bermanfaat bagi pihak kampus dan perusahaan. Dari pihak kampus, dengan adanya kegiatan KKL ini diharapkan akan menambah relasi, dan mampu menciptakan mahasiswa dengan lulusan berpengalaman dalam dunia kerja. Bagi perusahaan yang bersedia menerima mahasiswa untuk program KKL dapat membantunya untuk menambah pekerja lepas guna menyelesaikan pekerjaan mereka. Selain itu jika nantinya perusahaan benar – benar membutuhkan karyawan, mahasiswa yang pernah melakukan KKL ini dapat dipanggil kembali untuk bekerjasama dengan perusahaan dengan catatan mahasiswa ini pada saat KKL memiliki kinerja yang baik.
Di Yogyakarta terdapat banyak sekali perusahaan, instansi, pabrik, ataupun rumah produksi yang dapat digunakan mahasiswa untuk melaksanakan program KKL tersebut. Salah satu perusahaan yang menyediakan tempat magang atau Kuliah Kerja Lapangan atau  KKL ialah Proactive Robotic School. Kami menyediakan dan memfasilitasi tempat magang atau kuliah kerja lapangan KKL mahasiswa jurusan teknik elektronika mekatronika otomasi industri dan teknik komputer.

Proactive Robotics School merupakan salah satu bagian dari keluarga Lembaga Pendidikan Proactive yang beralamatkan di Jl. Wonosari KM 07, Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul Yogyakarta. Proactive Robotics School bergerak pada bidang jasa pendidikan robotika, mekatronika dan elektronika, sekolah robot atau kursus robot yang berdiri pada bulan Mei 2015. Proactive Robotics School juga memiliki Visi dan Misi diantaranya :
Visi : Menjadi Lembaga Pendidikan Robotika dan Elektronika yang unggul dalam intelektual dan keterampilan.
Misi :
1. Menciptakan siswa yang memiliki intelektual tinggi dalam dunia robotika dan elektronika,
2. Menciptakan siswa yang memiliki keterampilan tinggi dalam dunia robotika dan elektronika,
3. Mengembangkan model pembelajaran robotika dan elektronika,
4. Mengembangkan kualitas tenaga pengajar robotika dan elektronika.
Salah satu kampus ternama di Yogyakarta yang sering bekerjasama dengan Proactive dalam melaksanakan program KKL dan magang di Yogyakarta  ialah mahasiswa STMIK AKAKOM dan UNY.

 

INFO LEBIH DETAILS MENGENAI KEGIATAN MAGANG DAN PKL UNTUK SISWA SMK DAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA, MEKATRONIKA, TEKNIK KOMPUTER, TEKNIK INFORMATIKA , DAN OTOMASI INDUSTRI. SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI :


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

TAS MOBIL MULTIFUNGSI

Location

Visitor

0106514
Hari ini : 54
Kemarin : 153
Bulan ini : 1788
Total Kunjungan : 106514
Who's Online : 3