Mengenal Masa Golden Age Anak

  • 0

Mengenal Masa Golden Age Anak

Golden age adalah masa emas anak yang merupakan masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Pada masa golden age, pembentukan system saraf secara mendasar sudah terjadi. Usia tersebut berada pada perkembangan terbaik untuk fisik dan otak anak. Meski sudah banyak keterangan tentang golden age, sayangnya masih ada orangtua yang kurang memperhatikan. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar golden age pada anak tidak terlewati dengan sia-sia?

Para orang tua tentunya ingin supaya anak-anak mereka mengalami tumbuh kembang yang maksimal. Karena itulah setiap orang tua harus sangat memperhatikan masa-masa pertumbuhan dan perkembangan anak supaya si orang tua dapat memberikan perlakuan yang tepat agar tumbuh kembang anak menjadi maksimal.

Anak mengalami masa Golden Age pada usia 0-6 tahun. Pada masa ini, anak dapat dengan cepat menyerap informasi yang baik maupun yang buruk yang akan menjadi dasar dari terbentuknya karakter, kepribadian, serta kemampuan berpikir kognitif si anak. selain membentuk kemampuan kognitif anak, pada masa ini kemampuan motorik, sosio emosional, bahasa, agama dan juga moralnya akan berkempang begitu cepat. sehingga orang tua harus benar-benar memanfaatkan  masa-masa Golden Age ini untuk membentuk kepribadian anak.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membentuk perkembangan anak. namun orang tua juga harus pintar memilah-milah cara yang tepat untuk mendukung perkembangan anak. berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan dalam mengoptimalkan masa Golden Age anak.

  1. Memberikan Stimulasi untuk Anak

Pemberian stimulasi untuk anak sangat penting dalam perkembangan tumbuh kembang anak. orang tua dapat menggunakan berbagai macam media sebagai stimulasi anak, misalnya yang paling mudah adalah dengan memeberikan mainan pada anak. dengan begitu anak akan terangsang untuk mencari tau banyak hal dari benda yang baru ditemuinya.

  1. Memberikan contoh dan teladan dalam keluarga

Keluarga merupakan pendidikan pertama bagi anak. maka tak heran jika anak akan mencontoh kebiasaan-kebiasaan yang dilaukan oleh orang tuanya. Oleh sebab itu, orang tua hendaknya menjadi model yang baik agar anak meniru nantinya akan menjadi pola hidup atau kebiasaan anak.

  1. Membiarkan anak untuk bereksplorasi

Rasa ingin tahu ketika anak ketika usia Golden Age sangat lah besar… maka tak jarang jika sang anak akan mencari tau dan mencoba berbagai hal yang baru di tamui. Sebagai orang tua hendaknya jangan pernah membatasi anak ketika sedang bereksplorasi. Namun orang tua dapat mengawasi anak agar tidak melakukan hal yang berbahaya untuk si anak.

  1. Menghargai prestasi anak

Segala hasil dan jerih payah anak harus diberikan penghargaan agar anak tambah semangat dalam aktivitasnya.  Banyak cara yang bisa dilakukan dalam rangka untuk mengapresiasi atas prestasi anak.  Penghargaan ini tidak hanya diberikan ketika anak berprestasi namun jikalau anak sedang mengalami kegagalan juga harus diberikan support sehingga anak akan tetap semangat bukan dengan menghukumnya.

  1. Pemberian nutrisi yang bergizi

Makanan merupakan faktor yang penting dalam membentuk dan memaksimalkan kecerdasan anak.  Hindari anak mengkonsumsi makanan tidak sehat agar tidak mengganggu kesehatannya.  Karena anak cerdas membutuhkan fisik yang kuat.

Agar tumbuh kembang anak dapat maksimal, butuh kesabaran dan ketelatenan yang sangat besar. Maka butuh kerjasama dari pihak ibu maupun ayah dalam mendidik anak. masa Golden Age dapat dioptimalkan oleh orang tua dalam menunjang tumbuh kembang sang anak.

_Afzanta-HM_


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

Location

Visitor

0068799
Hari ini : 390
Total Kunjungan : 68799
Who's Online : 4