Pelatihan dan Workshop Pembuatan PCB

Dalam ilmu dan bidang elektronika, Kita pasti sudah mengenal apa itu PCB. PCB artinya adalah (Printed Circuit Board) atau dikenal sebagai sebuah papan sirkuit cetak. PCB ini banyak sekali kegunaannya dalam bidang elektronika. Lebih details Pengertian PCB, manfaat PCB, sejarah PCB kami tuliskan secara details pada artikel berikut ini:
Pengertian PCB dalam elektronika :
Sebuah papan sirkuit cetak (Bahasa Inggris : Printed Circuit Board atau PCB) adalah sebuah papan yang penuh dengan sirkuit dari logam yang menghubungkan komponen elektronik satu sama lain tanpa kabel. Papan sirkuit ini mendapatkan namanya karena diproduksi secara massal dengan cara pencetakan.

Sejarah PCB dalam elektronika :
1936 – PCB atau Papan sirkuit cetak pertama kali ditemukan oleh Paul Eisler, ilmuwan Austria yang memasukkan penggunaan PCB atau papan sirkuit ini ke dalam sebuah radio.
1943 – Amerika Serikat menggunakan PCB atau papan sirkuit dengan jumlah besar dalam radio militer mereka.
1948 – Komersialisasi PCB atau papan sirkuit cetak di Amerika Serikat.

Kemudian setelah tahun 1950, PCB atau papan sirkuit cetak telah digunakan secara massal di dalam industri elektronik di dunia.

Fungsi dari PCB:

  1. Untuk membuat tampilan rangkaian alat elektronik terlihat lebih rapi dan tertata. Sehingga visualnya tidak berantakan atau rumit.
  2. Sebagai pengganti kabel. Artinya PCB juga digunakan untuk menyambungkan berbagai komponen. Sehingga tempat yang nantinya dibutuhkan lebih efisien.
  3. Sebagai penghubung kaki komponen. Artinya, PCB akan menghubungkan berbagai kaki komponen, entah itu komponen elektronika aktif atau pasif.
  4. Sebagai wadah atau tempat menyusun komponen elektronik. Hal ini bertujuan agar komponen elektronik lebih rapi dan juga tertata atau terorganisir.

Jika dilihat dari pengertian PCB dan fungsinya, PCB memiliki peran yang sangat penting. Apalagi PCB memiliki keterkaitan erat dengan rangkaian listrik pada perangkat elektronik.

Lapisan PCB dan Bahan-bahannya
PCB tidak hanya berbentuk papan elektronik yang sederhana, namun ada beberapa lapisan dari PCB. Lapisan PCB dan bahan bahannya adalah sebagai berikut :
1. Substrat, lapisan standar atau lapisan pertama yang menjadi dasar dari PCB. Biasanya berupa FR2 dan FR4.
2. Tembaga, lapisan berbentuk pipih yang dilekatkan pada substrat.
3. Soldermask, lapisan tembaga yang berfungsi sebagai jalur konduktor.
4. Silkscreen, pemberi tanda atau indikator pada komponen elektronika.
Beberapa lapisan tersebut merupakan komponen penting dalam sebuah PCB. Pada pengertian PCB dan fungsinya, lapisan tersebut sangat berpengaruh pada jenis PCB. Sebab, komponen listrik pastinya memiliki PCB yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis PCB Berdasarkan Jumlah Lapisan
Berbicara mengenai lapisan PCB, ada beragam jenis PCB berasaskan lapisannya. Mengingat ada beberapa PCB yang menggunakan satu bahkan dua lapisan tembaga. Berikut ini jenis-jenis PC berdasarkan jumlah lapisan :
1. Multilayer PCB
Jenis yang satu ini memiliki lapisan subtrat dan lapisan tembaga lebih dari satu. Kedua lapisan tersebut tidak menjadi satu, melainkan dipisahkan dengan lapisan insulator.
Jenis PCB yang satu ini biasanya digunakan pada rangkaian elektronik yang memiliki sifat kompleks. Biasanya lapisan ini memiliki jumlah 4 lapisan paling sedikit. Sedangkan jumlah lapisan maksimal mencapai 16 lapisan.
2. Double Sided PCB
Pada pengertian PCB dan fungsinya juga dikenal jenis double sided PCB. Dimana jenis yang satu ini lebih rendah dibandingkan jenis yang sebelumnya. Double sided PCB juga dikenal sebagai papan rangkaian cetak dua sisi. Jenis PCB yang satu ini memiliki dua lapisan tembaga. Dua lapisan tembaga ini terletak di bagian sisi subtrat PCB. Sama seperti jenis sebelumnya, jenis PCB yang satu ini memiliki lubang yang berfungsi sebagai jalur penghubung antar satu lapisan tembaga. Mulai dari sisi yang pertama hingga lapisan sisi yang selanjutnya.
3. Single Sided PCB
Jenis yang selanjutnya adalah single side PCB. Jenis yang satu ini berada setingkat dibawah jenis sebelumnya. Dari namanya sudah dapat dikenali bahwa jenis PCB ini hanya memiliki satu lapisan saja.
Jika jenis sebelumnya menampilkan lapisan yang tertempel pada dua sisi subtrat, maka jenis ini agak berbeda. Karena hanya memiliki satu lapisan, maka hanya tertempel pada satu sisi subtrat PCB saja. Karena hanya memiliki satu lapisan saja, maka PCB ini terbilang sederhana.
Sehingga penggunaan PCB dengan jenis single sided ini juga digunakan pada rangkaian elektronik yang sederhana. Biaya produksi untuk pembuatan PCB ini terbilang lebih murah dibandingkan dengan jenis sebelumnya.
Beberapa jenis tersebut sangat berpengaruh pada rangkaian listrik suatu perangkat elektronik. Seperti yang diketahui bahwa rangkaian listrik pada perangkat elektronik berbeda-beda.

Jenis-Jenis PCB Berdasarkan Fleksibilitas
Pengertian PCB dan fungsinya memang berbeda. Hal ini membuat jumlah lapisan mempengaruhi jenis PCB itu sendiri. Namun tidak hanya jumlah lapisannya saja, tetapi juga fleksibilitasnya. Berikut ini beberapa jenis PCB menurut fleksibilitasnya :
1. Rigid-Flex PCB
Jenis yang satu ini merupakan gabungan dari dua PCB dengan jenis berbeda. Tidak lain adalah Rigid PCB dan Flex PCB. Teknologi gabungan ini juga membawa dua sifat dan spesifikasi dari papan sirkuit elektronik.
Mulai dari sifat fleksibel yang mudah dilipat layaknya Flex PCB. Hingga yang begitu kaku dan tidak bisa dilipat seperti Rigid PCB. Lazimnya, jenis Rigid PCB akan terhubung atau dihubungkan pada Flex PCB.
2. Flex PCB
Jenis selanjutnya adalah Flex PCB yang substratnya terbuat dari plastik sebagai bahannya. Tidak heran jika jenis yang satu ini begitu fleksibel dan masuk dalam kategori PCB yang fleksibel. Bahan dasar plastik memiliki sifat yang mudah dibentuk.
Penggunaan bahan PCB ini memungkinkan papan sirkuit elektronik dapat dibengkokkan. Namun tidak akan berpengaruh pada rangkaian listrik. Sehingga rangkaiannya tidak akan mudah rusak. Hal ini yang menjadi kelebihan dari Flex PCB.
3. Rigid PCB
Jenis lainnya dari PCB berdasarkan fleksibilitasnya adalah Rigid PCB. Jenis yang satu ini tentunya memiliki perbedaan dengan Flex PCB. Rigid merupakan istilah asing yang memiliki arti kaku. Maka dari itu, pengertian Rigid PCB adalah papan sirkuit elektronik yang kaku.
Artinya papan ini bersifat kaku dan tidak bisa dibengkokkan. Berbeda dengan jenis sebelumnya yang begitu fleksibel. Bahkan karena terlalu kaku, Rigid PCB tidak dapat dilipat sama sekali. Artinya, jika dilipat akan mengalami kerusakan seperti patah.
Bahan substrat yang kaku dan padat menjadi bahan pembuat Rigid PCB. Bahan ini hampir sama dengan fiberglass dan memang sengaja dibuat agar kaku. Sehingga benar-benar tidak bisa dibengkokkan.

Pengertian PCB dan fungsinya memiliki cakupan yang luas. Mulai dari lapisan yang digunakan hingga beragam jenis PCB berdasarkan kategorinya. Hal ini penting untuk diketahui sebab berkaitan dengan rangkaian listrik.

Gambar PCB

 

Kami sebagai perusahaan dan lembaga pendidikan dibidang robotika dan otomasi menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan PCB atau Papan Sirkuit Cetak, Lengkap dengan Teori dan Praktek. Pelatihan Pembuatan PCB atau Papan Sirkuit Cetak ini diselenggarakan di kantor Proactive Yogyakarta Jl. Wonosari km 7 No. B.1 Manup Baturetno Banguntapan Bantul Yogyakarta. Pelatihan Pembuatan PCB ini diselenggarakan untuk umum dengan durasi selama 1 hari Full.  Pelatihan Pembuatan PCB ini dimulai Pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Adapun details materi pada Pelatihan Pembuatan PCB adalah sebagai berikut :

  1. Pengenalan PCB
  2. Teori dan Praktek Desain PCB dengan dengan software Proteus/ Eagle
  3. Teori dan Praktek Teknik Cara Pencetakan PCB secara manual dengan media
  4. Teori dan Praktek Teknik Pelarutan PCB
  5. Teori dan Praktek Tekni Pengeboran PCB

Dengan Pelatihan Pembuatan PCB ini diharapkan peserta memperoleh skill da ketrampilan dalam pembuatan PCB sendiri. Pelatihan Pembuatan PCB ini dapat diikuti oleh siswa SMK, Guru, dosen dan kalangan profesional lainnya.

Untuk lebih details mengenai Pelaksanaan Pelatihan Pembuatan PCB, silahkan hubungi nomor whatsapp berikut ini dengan klik gambar whatsapp dibawah ini :

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!