Pengaruh Lingkungan Keluarga pada Keberhasilan Pendidikan Anak

  • 0

Pengaruh Lingkungan Keluarga pada Keberhasilan Pendidikan Anak

Di lingkungan keluarga, peranan orang tua (ibu dan ayah) dan anggota keluarga lain di rumah sangat mempengaruhi pembentukan sikap disiplin pada anak. Menurut Gunarsa (2009:6), aspek lingkungan keluarga yang mempengaruhi tingkah laku anak diantaranya adalah “contoh dari orang tua, kasih sayang orang tua, dan keutuhan keluarga”. Ihsan (2005:19), faktor lingkungan keluarga yang mempengaruhi perkembangan anak didik yaitu: “perhatian dan kasih sayang dari orang tua, figur keteladanan orang tua bagi anak, dan keharmonisan keluarga”. Gerungan (2002:185) peranan lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak meliputi: “status sosio ekonomi, keutuhan keluarga, sikap dan kebiasaan orang tua dan status anak”.

Dari uraian-uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor lingkungan keluarga yang mempengaruhi anak didik terutama yang mempengaruhi anak didik dalam hal pembentukan sikap disiplin meliputi perhatian dan kasih sayang orang tua, keutuhan orang tua, keharmonisan keluarga, dan sifat keteladanan atau contoh dari orang tua. Lingkungan keluarga merupakan media pertama dan utama yang secara langsung atau tidak langsung berpengaruh terhadap perilaku dalam perkembangan anak didik, termasuk didalamnya prestasi belajar anak didik. Pendidikan keluarga adalah fundamen atau dasar dari pendidikan anak selanjutnya. Hasil-hasil pendidikan yang diperoleh anak dalam keluarga menentukan pendidikan anak itu selanjutnya, baik di sekolah maupun di masyarakat. Slameto (2010:60-64) menyatakan bahwa terdapat beberapa faktor-faktor dari lingkungan keluarga yang dapat berpengaruh terhadap belajar siswa.

Faktor-faktor yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1) Cara orang tua mendidik, Cara orang tua mendidik anaknya besar pengaruhnya terhadap belajar anaknya. Orang tua yang tidak atau kurang perhatian (misalnya keacuhan orang tua, tidak menyediakan peralatan sekolah), akan menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajar. Dalam mendidik anak hendaknya orang tua harus memberikan kebebasan pada anak untuk belajar sesuai dengan keinginan dan kemampuannya, tetapi juga harus memberikan arahan dan bimbingan. Orang tua dapat menolong anak ketika mengalami kesulitan dalam belajar dengan bimbingan tersebut.

2) Hubungan atau Relasi antar anggota keluarga, Relasi antar anggota keluarga terutama relasi anak dengan orang tua dan relasi dengan anggota keluarga lain sangat penting bagi keberhasilan anak. Demi kelancaran keberhasilan berhasil siswa, perlu diupayakan relasi yang baik dalam keluarga tersebut. Hubungan yang baik didalam keluarga akan menyukseskan belajar anak tersebut.

3) Suasana rumah, Suasana rumah merupakan atau situasi yang sering terhadi dikeluarga. Agar anak dapat belajar dengan baik, maka diciptakan suasana rumah yang tenang dan tenteram sehingga anak akan merasa betah di rumah dan dapat belajar dengan baik.

4) Keadaan ekonomi orang tua,  Selain kebutuhan pokok seperti makan, pakaian dan kesehatan, didalam belajar seorang anak membutuhkan fasilitas belajar seperti ruang belajar, peneranganan, alat tulis dan sebagainya. Fasilitas belajar tersebut hanya dapat terpenuhi jika keluarga mempunyai cukup uang. Akan tetapi, disisi lain faktor kesulitan ekonomi dapat juga menjadi pendorong keberhasilan seseorang anak.

5) Perhatian orang tua, Anak perlu dorongan dan pengertian dari orang tua dalam belajar. Ketika anak yang mengalami lemah semangat, orang tua wajib memberikan pengertian dan dorongan untuk menghadapi msalah disekolah. Bila anak belajar hendaknya jangan diganggu dengan tugas-tugas rumah agar kosentrasi anak tidak terpecah.

6) Latar belakang kebudayaan, Tingkat pendidikan dan kebiasaan orang tua juga berpengaruh terhadap sikap anak. Maka perlu ditanamkan kebiasaan yang baik agar dapat mendorong semangat belajar anak.

 

 

Peran Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar

Pentingnya pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa telah terbukti dalam beberapa penelitian  terdahulu, yaitu sebagai berikut:

Penelitian Mizan Ibnu Khajar (2012) yang berjudul “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa X Program Keahlian Teknik Elektronika SMK N1 Magelang Tahun Pelajaran 2011/2012”,menyimpulkan bahwa Terdapat pengaruh positif dengan signifikan rendah antara pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa program keahlian elektronik SMK Negeri 1 Magelang dengan nilai relasi antar anggota keluarga mempunyai pengaruh yang paling tinggi. Penelitian Panaehan (2014) yang berjudul “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SLTA di Kecamatan Panti”, hasil penelitiannya menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi terhadap disiplin belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SLTA di Kecamatan Panti, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga, motivasi, belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SLTA di Kecamatan Panti. Dan penelitian Farid Rais Gunawan (2015) yang berjudul “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Eknomi Kelas XI IPS SMA 1 Bangsri 2012/2013”, dari hasil penelitiannya menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara langsung, motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara langsung, dan proses pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara langsung, serta hasil uji pengaruh lingkungan dan motivasi terhadap proses pembelajaran diperoleh keterangan baik lingkungan keluarga maupun motivasi berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Besarnya pengaruh lingkungan keluarga maupun motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa secara langsung adalah 11% dan 9,5%. Lingkungan keluarga baik secara langsung maupun secara tidak langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMAN 1 bangsri tahun pelajaran 2013/2014.

Motivasi baik secara langsung maupun secara tidak langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA N 1 Bangsri tahun pelajaran 2013/2014. Serta penelitian Suratno (2014) yang berjudul “Pengaruh Linkungan Keluarga dan Lingkungan Pergaulan Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kota Jambi Tahun 2012/2013” menyimpulkan bahwa This study aims to prove the allegations of influence of family environtment and social environment on student achievement on economic subject, students of class XI IPS SMA N3 Jambi City Year 2012-2013. The results showed that the family environtment and social environment jointly significant effect on their learning outcomes. Family environment is more dominant effect on student learning outcomens than teheor milieu.

Dalam pelaksanaannya pendidikan merupakan suatu proses yang kompleks dan melibatkan berbagai pihak atau dikenal dengan tripusat pendidikan yaitu; lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama sehingga keberadaan lingkungan keluarga begitu penting dan pendidikan di lingkungan keluarga merupakan pondasi bagi pertumbuhan kepribadian anak selanjutnya. Keluarga merupakan benih akal menyusun kematangan individu dan struktur kepribadian. Anak-anak mengikuti orang tua berbagai kebiasaan dan perilaku dengan demikian keluarga adalah elemen pendidikan lain yang palingnya, tepat dan amat besar. Keluarga adalah salah satu elemen pokok pembangunan entitas-entitas pendidikan, menciptakan proses naturalisasi sosial membentuk kepribadian-kepribadian serta memberi berbagai kebiasaan baik pada anak-anak yang akan terus bertahan lama.

Purwanto (2004:104) mengemukakan bahwa “faktor eksternal yang berpengaruh terhadap prestasi belajar yaitu lingkungan keluarga, mau tidak mau menentukan bagaimana dan sampai dimana belajar dialami dan dicapai oleh anak-anaknya”.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

Location

Visitor

0086699
Hari ini : 47
Kemarin : 262
Bulan ini : 6252
Total Kunjungan : 86699
Who's Online : 3