Program Latihan Persekolahan PLP dan Magang Untuk Mahasiswa Jurusan Fisika

Program Kerja Lapangan PKL atau magang untuk mahasiswa yang berorientasi menjadi guru atau sarjana kependidikan biasanya disebut sebagai Program Latihan Persekolahan atau disingkat dengan sebutan PLP. Program Latihan Persekolahan atau PLP adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan pengajaran di kampus dan universitas dengan program penguasaan keahlian sebagai tenaga pengajar atau guru yang akan langsung terjun kelapangan menghadapi proses belajar mengajar di sekolah. PLP atau Program Latihan Persekolahan adalah suatu proses pembelajaran dan pelatihan secara praktis dalam bidang kompetensinya masing-masing, hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa sarjana kependidikan untuk mengetahui secara langsung tentang lingkungan kerja, etos dan budaya kerja yang belum dapat disampaikan sepenuhnya di kampus universitas mereka. Dari pengalaman PLP atau Program Latihan Persekolahan ini diharapkan mahasiswa kependidikan mendapatkan ketrampilan hidup yang akan berguna bagi perkembangan dirinya dimasa yang akan datang. Adapun Tujuan Program Latihan Persekolahan atau PPL dan Magang bagi mahasiswa dan mahasiswa adalah sebagai berikut:

1. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenal dan mengetahui tentang kependidikan baik pendidikan formal di sekolah maupun pendidikan informal
2. Menjadi media pengaplikasian dari pembelajaran yang diperoleh dari kampus universitas untuk di terapkan dilapangan pada saat nantinya lulus menjadi sarjana kependidikan sebagai guru
3. Meningkatkan hubungan kerjasama antara pihak kampus universitas dan instansi terkait disekolah formal maupun informal seperti PKBM
4. Memperoleh wawasan tentang dunia kerja.
5. Dapat memahami konsep non akademis seperti etika kerja, profesionalitas kerja, disiplin kerja, dll

Sedangkan Manfaat Program Latihan Persekolahan atau PLP dan Magang yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Bagi Mahasiswa Kependidikan SPd
Mahasiswa mendapatkan keterampilan untuk melaksanakan program kerja pada institusi pendidikan baik sekolah maupun homeschooling atau PKBM yang dapat digunakan sebagai tempat praktek. Melalui praktek inilah mahasiswa mendapatkan bentuk pengalaman nyata serta berbagai permasalahan yang dihadapi dalam dunia kerja. Selain itu mahasiswa juga akan mempunyai rasa tanggungjawab dalam melaksanakan pekerjaan dan menjaga profesinya.
2. Bagi Kampus atau Universitas
Manfaat Program Latihan Persekolahan atau PLP yang diperoleh oleh kampus universitas lainnya adalah sekolah mempunyai rekan kerjasama untuk menjalin kerjasama dan mempromosikan kampus universitas mereka dalam dunia pendidikan di wilayah tersebut.
3. Bagi Tempat PLP atau Program Latihan Persekolahan
Sekolah dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja guru lepas yang berwawasan akademis untuk membantu operasional sekolah, homeschooling atau PKBM tersebut. Selain itu laporan PLP yang di dapat dari mahasiswa tersebut dapat digunakan sebagai sumber informasi mengenai situasi umum sekolah, homeschooling atau PKBM tersebut.

PLP harus diikuti oleh mahasiswa jurusan kependidikan yang orientasinya setelah lulus adalah bekerja menjadi seorang tenaga pengajar, baik itu menjadi seorang guru maupun sbagai tentor. Hasil dari Praktek Kerja Lapangan adalah laporan Program Kerja Persekolahan (PLP). PLP biasanya dilaksanakan pada saat semester IV atau kelas XI, namun jadwal pelaksanaannya tergantung dengan pihak kampus dan universitas. Tempat yang dituju pun juga berbeda dari setiap universitas. Setiap univrsitas berbeda – beda, ada universitas yang mencarikan tempat PLP untuk mahasiswa nya namun ada juga mahasiswa yang mencari sendiri institusi pendidikan yang bersedia menampung untuk PLP atau magang.

Jika kalian mahasiswa sarjana kependidikan jurusan Fisika, Proactive Homeschooling Mandiri membuka kesempatan untuk siap menjadi tempat dan menerima mahasiswa jurusan Fisika dalam melaksanakan Program Latihan Persekolahan atau PLP. Proactive Homeschooling Mandiri merupakan salah satu bagian dari keluarga Lembaga Pendidikan Proactive yang beralamatkan di Jl. Wonosari KM 07, Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul Yogyakarta. Proactive Homeschooling Mandiri bergerak pada bidang jasa pendidikan homeschooling atau PKBM Program Kesetaraan untuk SD, SMP dan SMA yang berdiri pada bulan Mei 2015. Proactive Homeschooling Mandiri merupakan salah satu tempat Program Latihan Persekolahan (PLP) dan magang untuk mahasiswa Kependidikan jurusan Fisika. Adapun misi dan Misi diantaranya :
Visi : Menjadi Lembaga Pendidikan Homeschooling atau PKBM yang unggul berkualitas dalam intelektual dan keterampilan di Yogyakarta.
Misi:
1. Menciptakan siswa yang memiliki intelektual tinggi dalam dunia pendidikan,
2. Menciptakan siswa yang memiliki keterampilan tinggi dalam dunia pendidikan SD, SMP dan SMA
3. Mengembangkan model pembelajaran online untuk sistem pengajaran,
4. Mengembangkan kualitas tenaga pengajar pendidikan atau guru agar berkompeten berdaya saing.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!