SEJARAH BERDIRINYA PROACTIVE

  • 0

SEJARAH BERDIRINYA PROACTIVE

Proactive Education mulai berdiri pada tahun 2009 oleh Bpk Muhamad Chusnu. Hanya berbekal background ilmu marketing yang bekerja diperusahaan sebelumnya serta hanya terinspirasi oleh passion dan hobby di bidang elektronika, pada bulan Mei 2009 mulai membuka kursus dan sekolah robot dengan program assembling atau merakit robot. Awalnya Proactive hanya memilik 4 karyawan atau instruktur robotic dan kemudian menjalin kerjasama dengan produsen robotika dari korea yaitu ROBO ROBO dan KAI Robot yakni dengan mengimpor educational robot untuk dimasukkan kurikulum Pendidikan robotiknya ke sekolah TK dan Sekolah Dasar (SD) di Yogyakarta. Alhasil, presentasi demo robotic ke sekolah sekolah khususnya TK dan SD saat itu hasilnya tidak begitu menggembirakan. Ditahun pertama pendirian sekolah robotic tersebut, Proactive hanya bekerjasama dengan 5 sekolah dasar di Yogyakarta.

assembling robot program

Kantor Proactive pertama kali di Jalan Dr Sardjito No. 13 dengan menyewa 1 ruko sangatlah kurang mendukung pada saat itu. Dengan perlengkapan dan peralatan robotic seadanya, sosialisasi ilmu robotika terus dilakukan ke sekolah sekolah, instansi Pendidikan non formal lainnya, melakukan serangkaian kegiatan workshop, pelatihan dan lomba robotika di Yogyakarta, menggandeng beberapa komunitas anak-anak di Yogyakarta. Hasil dari sosialisasi ini pun mulai terlihat di awal tahun 2010, dimana ada penambahan siswa di center pusat pembelajaran robotika di kantor Proactive.

workshop robotik di yogyakarta

Pada awal tahun 2010, Proactive mulai menggali ide-ide baru mengenai robotika dimana Proactive merekrut lulusan lulusan ilmu robotika terbaik dari Universitas Negeri Yogyakarta jurusan Mekatronika. Mulai tahun tersebut kami meningkatkan jumlah karyawan instruktur robotic menjadi 10 orang dan kami mengembangkan kurikulum robotika dengan Program Making, yakni Program membuat robot. Dalam Program Making Robot ini, siswa benar benar mendalami secara riil proses pembuatan robot dari nol. Yakni mulai dari pengenalan komponen elektronika seperti resistor , transistor, proses design layout rangkaian elektronika PCB, proses melarut PCB hingga pencetakan layout rangkaian elektro PCB. Kemudian juga proses proses menyolder, dan pemasangan alat alat mekanik pada robot yang dibuat.

kegiatan ekstrakurikuler robotik

   Suasana Kegiatan Belajar Robotik Program Making Robot

Program Making robot yang mulai diperkenalkan pada tahun ajaran baru 2010 mendapat sambutan hangat dari para orangtua siswa, siswa-siswa dan juga guru coordinator ekstrakurikuler di sekolah. Dengan sambutan yang begitu hangat, kami segera menyewa 3 ruko sekaligus untuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Mengapa mereka begitu antusias menerima program kurikulum making robot? Hal ini dikarenakan ada ilmu yang bisa di peroleh siswa dalam program making robot dimana siswa langsung membuat robot sendiri melalui proses pembuatan yang menantang siswa karena robot tersebut pada akhir semester akan menjadi milik siswa. Banyak ilmu yang didapat siswa dari program making robot ini yakni ilmu elektronika, mekanika, pemrograman Bahasa C dalam Arduino dan proses pembuatannya yang membutuhkan ketelatenan, ketelitian dan kesabaran. Dibandingkan dengan program sebelumnya yaitu Program Assembling Robot, siswa hanya merakit robot dengan peralatan yang sudah disediakan menjadi bentuk tertentu sesuai panduan dari buku modul yang sudah ada. Jadi dengan Program Making Robot, siswa tidak hanya menjadi seorang Operator Robot saja, melainkan sudah menjadi seorang Pembuat Robot!

Tahun Ajaran 2010 menjadi tahun kebangkitan ilmu robotika di Yogyakarta, dimana dengan Program Robotika yang baru, banyak sekolah-sekolah yang bekerjasama dengan Proactive dalam kegiatan ekstrakurikuler maupun penunjukan kami sebagai pembimbing dalam berbagai event lomba robotika baik di ringkat daerah, nasional dan Internasional. Indikasi dari response yang baik dengan adanya kurikulum program making robot adalah dengan naiknya jumlah siswa robotic kami menjadi 750 siswa termasuk siswa ekstrakurikuler dan center dengan kerjasama 30 sekolah sekolah di Yogyakarta dalam program ekstrakurikuler robotika.
Pada tahun 2015, Proactive mengakuisisi kantor baru 2 lantai di jalan Wonosari km 8 untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan robotika pada khususnya. Di kantor ini, kami mengembangkan robotika dengan membuat Divisi Research and Development (R&D). Kami mengembangkan robot robot yang dikhususkan untuk perlombaan skala nasional dan internasional, seperti robot transporter, robot line follower analog, robot line follower microcontroller, dan humanoid robot. Selain itu kami juga mengembangkan program pembelajaran baru yakni program pembelajaran mikrokontroller Arduino, Internet of Things (IoT) atau tahapan lebih lanjut dari penggunaan mikrokontroller Arduino dengan konektifitas internet, pembelajaran drone dasar serta pembelajaran PLC (Programmable Logic Controller) atau system elektronik digital untuk pemakaian di lingkungan industry.

   ARDUINO STARTER KIT MODULLER

       IOT STARTER KIT MODULLER

STARTER KIT PLC HMI

Pada tahun 2017, Proactive mulai dilirik oleh sekolah-sekolah dari luar Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata edukasi robotika untuk sekolah SD, SMP, SMA, SMK dan Universitas dalam program study tour dan program kunjungan industry dunia Pendidikan. Karena juga banyaknya permintaan untuk Program PKL SMA/SMK dan Program Magang Mahasiswa, di tahun yang sama Proactive membuka peluang program kerjasama dengan sekolah dan universitas untuk program link and match dunia Pendidikan robotika. Alhasil ditahun 2018, sudah banyak institusi Pendidikan yang bekerjasama dengan Proactive dalam berbagai macam program Pendidikan yang saling menguntungkan dalam penerapan teknologi Arduino dan IoT di peternakan, perikanan dan penerapan konsep smart home.

   PROGRAM PKL SISWA SMK

PROGRAM KERJASAMA DAN KUNJUNGAN INDUSTRI

  PROGRAM KUNJUNGAN INDUSTRI

    PROGRAM KUNJUNGAN INDUSTRI

            PROGRAM KERJASAMA

Tahun 2018 juga tahun dimana dimulainya guru-guru, dosen-dosen dari berbagai unversitas di Indonesia serta praktisi professional di industry mulai belajar mikrokontroller Arduino, Internet of Things dan juga PLC (Programmable Logic Controller) di Proactive Education. Serta pada tahun 2018 tersebut, Proactive mulai memproduksi modul modul praktis pembelajaran mokrokontroller Arduino, modul pembelajaran Internet of Things (IoT) serta modul pembelajaran Programmable Logic Controller (PLC) yang bisa digunakan institusi Pendidikan lainnya untuk mempelajari, memahami dan mendalami mikrokontroller arduino, IoT dan PLC.

KURSUS MIKROKONTROLLER ARDUINO

                            KURSUS IOT

                                  KURSUS IOT

PRODUKSI STARTER KIT ARDUINO DAN IOT

Berikut ini robot robot yang dikembangkan oleh Proactive :

1.HUMANOID ROBOT

2. LINE TRACER BASIC ROBOT

3. LINE TRACER ROBOT RACING

4. TRANSPORTER ROBOT

5. ARDUINODROID ROBOT (ROBOT YANG DIKENDALIKAN OLEH HP ANDROID)


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

Location

Visitor

0094640
Hari ini : 276
Kemarin : 235
Bulan ini : 5815
Total Kunjungan : 94640
Who's Online : 1