Tips Belajar yang Efektif

  • 0

Tips Belajar yang Efektif

Bulan Mei ini bakalan jadi bulan yang bikin deg-degan bagi sebagian besar siswa kelas 6 SD. Pasalanya, ujian nasional bakal menghampiri mereka pada bulan Mei ini. ujian yang merupakan indikator kelulusan negara ini tentu harus dipersiapkan dengan baik dan matang. Nah… bagi kamu yang sekarang sedang duduk di bangku kelas 6 SD, are you ready for Exam guys?

Banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang ujian nasional. Selain belajar yang rajin, kamu juga harus banyak mempersiapkan hal yang lain seperti berdoa, menjaga kesehatan badan, banyak berlatih soal, dan lain sebagainya. Namun seringkali masih banyak siswa yang masih sulit untuk menemukan cara yang efektif dalam belajar. Padahal belajar yang efektif sangat diperlukan ketika akan menghadapi ujian nasional agar waktu yang ada dapat dipergunakan sebaik mungkin.

Nah… dalam artikel ini kita akan bahas bagaimana tips belajar yang efektif nih… yuk cusss kita bahas apa-apa saja cara belajar agar efektif.

  1. Buat Suasana Belajar yang Nyaman

Yang perlu kamu lakukan pertama adalah bagaimana cara membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu muncul, diantara: kamu bisa belajar sambil mendengarkan musik, belajar di tempat-tempat yang nyaman misalnya di taman atau dipinggir danau, atau diruangan ber-AC, atau kamu juga bisa mendekorasi ruang belajarmu agar tidak membosankan.

  1. Merangkum pokok pembelajaran

Dengan merangkum pokok pembelajaran akan lebih memudahkan kamu untuk memahami dan menghapal pokok materi yang kamu pelajari. Cara ini juga akan memudahkan kamu untuk mengingat materi.

  1. Waktu belajar yang tidak terlalu lama dengan frekuensi yang sering

Kamu perlu mengatur waktu belajarmu, karena jika kamu belajar dengan waktu yang cukup lama sekaligus maka kamu akan merasa bosan dan jenuh, konsentrasimu akan semakin berkurang apabila terlalu lama belajar, hingga akhirnya belajarmu akan kurang efektif. Dengan mengatur waktu belajar yang tidak terlalu lama dengan frekuensi yang sering akan sangat membantumu untuk belajar efektif. Jeda waktu belajarmu dapat kamu gunakan untuk merefresh otak sekejap agar kembali konsen ketika melanjutkan belajar.

  1. Bersihkan meja belajar dari barang-barang yang tidak diperlukan

Jangan sampai meja tempat kamu belajar dipenuhi dengan benda-benda yang bisa mengalihkan perhatian.  Singkirkan telepon, laptop, serta benda lain yang tidak berhubungan dengan aktivitas belajar.  Pastikan juga alat tulis dan kertas yang kamu perlukan terletak dalam jarak jangkauanmu.  Ingat, salah satu penyebab gagalnya aktivitas belajar adalah terlalu banyaknya hal-hal lain yang bisa mengalihkan aktivitas belajar.  Jika hal-hal pengalih perhatian itu dijauhkan dari jangkauan, maka kamu akan lebih mudah fokus dan berkonsentrasi dalam menyerap materi.

  1. Belajar dengan kondisi paling bugar

Cobalah belajar di saat kondisi paling bugar.  Saat baru bangun tidur, setelah tidur siang, atau sehabis mandi.  Ketika tubuh kamu masih segar, otomatis pikiran akan fresh dan materi yang dipelajari akan lebih mudah diserap.  Dalam kondisi tubuh optimal, suatu hal yang biasanya menuntut 3-4 kali baca sebelum kamu bisa memahaminya bisa kamu pelajari lebih cepat, mungkin hanya dalam 2 atau bahkan sekali baca. Satu lagi poin penting, jangan melakukan hal-hal yang melelahkan sebelum belajar, baik secara fisik maupun mental.  Persiapkanlah fisik kamu sebugar mungkin untuk bisa belajar dengan efektif.

Nah… demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan unutk membuat belajarmu lebih efektif… selamat mencoba guys…


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

Location

Visitor

0055587
Hari ini : 37
Total Kunjungan : 55587
Who's Online : 2