Workshop atau Pelatihan Robot untuk Anak

Program Workshop atau Pelatihan adalah program bulanan dari Proactive Robotics School untuk terus mengenalkan robotika dan elektronika kepada siswa-siswi SD-SMP dan SMA  di bantul Yogyakarta. Program Workshop atau Pelatihan ini dapat dilakukan oleh Proactive Robotics School sendiri maupun dari pihak luar dalam bentuk kerjasama.

Robotika adalah cabang teknologi yang mempelajari bagaimana menciptakan dan mengendalikan mesin berbasis komputer yang dapat menyerupai perilaku dan fungsi manusia. Dengan menggunakan teknik dan teknologi yang berkembang pesat, robotika mengkombinasikan desain mekanis, sistem kendali, sistem komputer, sensor, dan teknik pemrograman untuk menciptakan mesin yang dapat melakukan tugas yang berbeda. Robotika adalah bidang yang ideal untuk mengajarkan anak-anak teknologi. Dengan mempelajari robotika, anak-anak dapat memahami bagaimana mekanisme elektronik dan komputer bekerja sama untuk menyelesaikan tugas. Dengan mempelajari robotika, anak-anak juga dapat belajar tentang konsep logika, algoritma, dan pemrograman, yang berguna dalam banyak bidang. Kursus robotika untuk anak-anak dapat mencakup berbagai topik, termasuk mekanis dan elektronik, pemrograman, kontrol, dan desain robot. Kursus tersebut dapat menggunakan proyek sederhana, seperti membuat robot sepeda, robot penjelajah, robot bergerak, dan robot penghancur. Setiap proyek dapat mencakup berbagai konsep yang memungkinkan anak-anak memahami bagaimana robot bekerja dan bagaimana mereka dapat dikontrol. Kursus juga dapat mencakup penggunaan sensor, seperti sensor cahaya, sensor suara, dan sensor suhu. Selain itu, kegiatan robotik untuk anak-anak dapat mencakup simulasi dan latihan. Simulasi dapat membantu anak-anak memahami bagaimana robot bergerak, berinteraksi dengan lingkungan, dan melakukan tugas spesifik. Kegiatan latihan dapat membantu anak-anak memahami bagaimana cara mengkontrol robot dan cara menciptakan kode pemrograman yang diperlukan. Dengan latihan ini, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk membangun dan mengoperasikan robot dengan lebih baik.
Robotik untuk anak remaja dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan mereka. Pelatihan robotik dapat membantu anak-anak remaja mempelajari cara membuat dan mengoperasikan robot. Ini juga dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan logika dan pengujian, keterampilan yang mereka butuhkan untuk menjadi pemrogram yang berhasil. Pelatihan robotik juga akan membantu mereka memahami konsep teknologi informasi dan komputer, yang merupakan kemampuan yang sangat penting untuk masa depan mereka. Pelatihan robotik juga akan mengajarkan mereka cara bekerja dengan komponen elektronik, serta cara menggunakan berbagai perangkat lunak robotik. Dengan pelatihan robotik yang tepat, anak remaja dapat mengembangkan keterampilan yang akan mereka gunakan untuk menjadi pemrogram yang berhasil.

Link berikut ini adalah Program pelatihan Robot untuk anak:

  1. Pelatihan Assembling Robot
  2. Pelatihan Making Robot

Berikut Video Workshop dan Pelatihan Robot yang diliput langsung oleh salah satu stasiun TV swasta di Indonesia :

WORKSHOP PELATIHAN ROBOTIKA : ROBOT LIGHT FOLLOWER

 

 

WORKSHOP PELATIHAN ROBOTIKA : ROBOT SOCCER ANALOG

error: Content is protected !!