7 Tips Menghemat Uang di Akhir Bulan untuk Anak Kuliah

  • 0

7 Tips Menghemat Uang di Akhir Bulan untuk Anak Kuliah

Nggak terasa udah tanggal tua nih? hmm..
Pasti kalian para mahasiswa lebih sering lagi ngeliat isi dompet nih, hehe.

Apalagi untuk kalian yang anak kost-kost an, pasti bingung kan gimana caranya ngirit duit biar tanggal tua nggak jadi musim penyakit KANKER alias kantong kering? Oke langsung aja, nih aku kasih tipsnya :

1. Buatlah Daftar Kebutuhan dan Pengeluaran

Daftar kebutuhan sangat penting untuk kalian catat, dari situ kalian bisa tau mana kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi, dan mana kebutuhan yang memang bisa dikesampingkan. Jangan sampai kalian bisa membeli barang mahal, namun untuk selanjutnya kalian tidak bisa makan, hehe.. Oh iya, daftar pengeluaran juga penting untuk dicatat karena dari situ kalian bisa tau, berapa pengeluaran kalian selama seminggu, dua minggu, tiga minggu, bahkan sebulan. Minimalisirkan pengeluaran jika sudah mulai membengkak dan uang sudah mulai menipis.

2. Bawa Bekal Sendiri

Kalian harus membiasakan diri membawa bekal ke kampus, karena hal itu bisa meminimalisir pengeluaran kalian. Daripada harus makan di kampus? Kan ga jaminan murah, ya kan? Belum lagi ntar kalo temen minta traktiran? Nah, kelar idup lo haha.. Kalo kita yang dapet traktiran mah alhamdulillah yaa..

3. Berhenti Merokok

Buat kalian laki-laki perokok, salah satu cara menghemat uang adalah berhenti merokok. Sekiranya kalian berat untuk berhenti, ya pelan-pelan kurangin aja per harinya. Lagian, kalo ga ngerokok ga mati kan? Mending buat beli nasi kucing tuh malah bikin kenyang, wkwk. Bisa karna biasa kok.

4. Tahan Godaan Shoping dan Jeng-jeng

Pas lagi pegang duit banyak, tahan dulu ajakan temen buat jeng-jeng! Kenapa? karna saat kalian udah naksir barang, pasti kalian juga bakal tertarik untuk memilikinya (ceilaaahhh kayak apaan aja ya hehe).. Akhir-akhirnya beli juga deh tanpa mikir itu duit buat jatah sebulan. Yang ada dipikiran kalian cuman, “Alah, urusan ntar gampang lah”. Ujung-ujungnya pas duitnya abis, bingung deh pinjem sana-sini.

5. Nebeng Temen

Jika kalian biasanya naik motor sendiri buat ke kampus, sekarang stop deh! Kalo bisa nebeng temen yang searah buat ke kampus, why not? Kalo misal gaada yang searah, suruh aja jemput ke rumah, tar duit bensin bagi dua. Itu juga lebih ringan daripada harus naik motor sendiri, ngebensinin sendiri, ya kan?

6. Cari Kerja Sampingan

Jika kalian merasa kurang dengan uang jatah sebulan, atau kebutuhan utama udah mulai banyak. Cari aja kerjaan sampingan yang emang bener-bener jam kerjanya diluar jam kuliah. Dari hasil itu lumayan loh buat nambah-nambah jatah sebulan.

7. Menabung

Menabung adalah kunci hemat. Jika kalian ga mau bokek di akhir bulan, coba nabung deh. Misalkan sehari kalian masukin duit 5000 ke celengan, sebulan mungkin udah dapet 150 ribuan. Lumayan, kan? Atau bagi kalian yang nggak bisa pegang duit banyak-banyak, mending tabungin aja ke bank. Taruh sebagian uang di dompet secukupnya saja.

Oke, segini aja yaa tips dari admin. Semoga bermanfaat untuk kalian para pembaca agar bisa lebih menghemat uang. Semoga akhir bulannya sehat no kanker yaa, hehe.. 🙂


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

Location

Visitor

0055590
Hari ini : 40
Total Kunjungan : 55590
Who's Online : 2