Cara Menemukan Passion dalam Diri

  • 0

Cara Menemukan Passion dalam Diri

Cara Menemukan Passion dalam Diri – Seringkali kita mendengar kata passion dalam kegiatan sehari-hari, sebenernya apa sih arti sesungguhnya passion? Apa sebenarnya passion yang ada dalam dirimu?, masih banyak sekali orang yang bingung ketika diberikan pertanyaan seperti itu, oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana kita dapat menemukian passion yang ada dalam diri kita.

Passion adalah sesuatu yang selalu ingin kamu lakukan dan saat kamu melakukan kegiatan tersebut kamu merasa senang dan selalu ingin mengeksplorasi lebih banyak tentang hal tersebut, kamu juga melakukannya tanpa paksaaan dan tidak merasa bosan. Seseorang yang memiliki passion akan terus menerus memikirkan, built-in dalam dirinya, untuk mewujudkan sesuatu, dan ia tidak pernah akan berhenti sebelum sesuatu itu terjadi.

Namun, menemukan sesuatu yang menjadi passionmu itu memang gampang-gampang susah. Beberapa orang banyak yang mengartikannya sama dengan hobi. Sebenarnya passion berbeda dengan hobi. Menurut Rene Suhardono, hobi itu ibarat pekarangan rumah dan passion itu ibarat rumahnya. Jadi orang yang mengerjakan hobi hanya ada di pekarangannya saja, sedangkan orang yang benar-benar mengikuti passionnya ibarat telah berada di dalam rumah, jika hobi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan atas dasar kesenangan dan dilakukan di waktu senggang, sedangkan passion adalah sebuah gairah dalam melakukan kegiatan yang dibarengi dengan keinginan untuk melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya. Hobi berdasarkan kesenangan dalam melakukan, sedangkan passion berdasarkan kompetisi dengan diri sendiri.

Namun bagaimana cara untuk menemukan passion dalam diri?… dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara untuk menemukan passion dalam diri.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menemukan passion, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bertanya pada diri sendiri

Ikuti kata hatimu, karena hanya dirimu yang sebenarnya tau sesuatu yang kamu benar-benar sukai. Jangan ikuti keinginan orang tuamu, pacarmu atau teman-temanmu. Passion itu bisa sesuatu yang benar-benar mengobarkan semangat dalam jiwamu. Kerjakanlah passion yang membuatmu merasa hidup.

2. Temukan hal yang kamu yakini dengan kuat meskipun ditentang oleh banyak orang

Kebanyakan, orang tua memang memiliki peran besar untuk menentukan passion yang kamu punya. Tapi jika passion yang mereka harapkan tidak cocok dengan apa yang kamu mau, jangan diteruskan! Percayalah, mengikuti passion yang kamu mau bukan hal yang buruk kok.

3. Kenali kemampuan yang paling menonjol dalam dirimu

Apa kemampuan terhebatmu? Pertanyaan ini seharusnya sudah kamu pikirkan sedari kecil. Setiap orang pasti punya bakat dan kelebihannya masing-masing. Memahami kemampanmu yang paling dominan bisa membantumu untuk menemukan passion-mu.

4. Apa hal yang kamu sukai semasa kecil?

Terkadang, untuk menemukan passion-mu, kamu bisa mencoba untuk melihat kembali ke masa lalumu. Coba ingat-ingat, ketika kamu kecil dulu, apa yang kamu sukai? Hal yang kamu sukai itu membentuk dirimu sampai sekarang. Siapa tahu, itulah jawabannya.

5. Kegiatan apa yang membuatmu penasaran ingin mencobanya?

Salah satu cara terbaik untuk menemukan passion adalah dengan mencoba-coba. Banyak orang yang menganggap hal ini buang-buang waktu. Tapi percayalah, untuk menemukan passion, terkadang, harus ada waktu yang dikorbankan.

6, Coba dulu

Kalau merasa sudah tahu passion kamu apa dan ingin menjadikannya karir full-time, coba di-tes dulu. Misalnya kamu ingin jadi fotografer, maka lakukanlah secara iseng-iseng sebagai pekerjaan sampingan. Jangan langsung heboh, apalagi sampai meninggalkan semua aktivitas lain dan berinvestasi membeli semua perlengkapannya. Kalau sudah dijalani berbulan-bulan dan kamu masih betah, berarti minat kamu memang fotografi dan sanggup menjadikannya sebagai profesi.

7. Riset

Riset dan kumpulkan info tentang bidang yang kamu minati seeebanyak mungkin. Jangan cepat puas, dan jangan menjadikan para amatir sebagai tolak ukur diri kamu!

8. Terus coba dan jangan menyerah

Jangan berhenti latihan dan mempertajam skill kamu, serta jangan cepat menyerah meski ada banyak tantangan. Misalnya, kalau kamu iseng-iseng buka online shop dan ternyata harus menghadapi berbagai problem—mulai dari kerepotan mengatur keuangan sampai menghadapi pelanggan galak—jangan nyerah! Lagian, kalau passion kamu memang di berjualan, kamu emang nggak akan nyerah juga, sih…

Nah itu adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menemukan passion… selamat mencoba

-HM_


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

Location

Visitor

0093168
Hari ini : 71
Kemarin : 302
Bulan ini : 4343
Total Kunjungan : 93168
Who's Online : 3