Workshop dan Pelatihan Robotika Yogyakarta Robomaker#2

  • 0

Workshop dan Pelatihan Robotika Yogyakarta Robomaker#2

Workshop dan Pelatihan Robotika Yogyakarta Robomaker #2 – dengan Projek Robot Soccer yang diadakan pada bulan Januari dua bulan yang lalu tepatnya pada tanggal 28 Januari 2017 berjalan lancar walaupun ada sedikit kendala dalam waktu kepulangan peserta workshop. Workshop dan Pelatihan Robotika projek robot soccer diikuti sebanyak 14 peserta siswa SD se-DIY. Workshop dan Pelatihan Robotika dilaksanakan di kantor Proactive Robotics School, sebuah lembaga kursus robot yang beralamat di Jl. Wonosari km 07, Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Tujuan diadakan Workshop dan Pelatihan Robotika ini untuk mengenalkan kepada peserta tentang cara pembuatan robot serta perkembangan dunia robotika yang terus berkembang.

Jogja Robomaker #2 : Workshop dan Pelatihan Robotika, diisi oleh Nanang Yuniantoro, S.Pd sekaligus ketua pelaksana Jogja Robomaker #2. Pada event workshop dan pelatihan robotika dibagi menjadi 2 metode yaitu metode pertama materi yang berikan oleh kak Nanang sebagai pengantar kepada peserta workshop untuk terlebih dahulu mengenal komponen yang akan digunakan dalam pembuatan projek robot soccer. Tujuan dari diberikannya materi supaya peserta workshop mengetahui nama komponen maupun fungsi tiap-tiap komponen yang digunakan untuk
pembuatan robot soccer. Metode kedua semua peserta melakukan praktek pembuatan robot soccer. Dalam praktek pembuatan robot soccer dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok pertama membuat rangkaian elektronik dan kelompok kedua membuat bagian mekanik. Pada kelompok pertama dalam pembuatan rangkaian elektroniknya yang pertama dilakukan yaitu menyetrika rangkaian yang terdapat di kertas glosy yang telah disediakan panitia untuk disetrika ke PCB supaya jalur yang terdapat dikertas glosy berpindah ke PCB. Semua peserta melakukan semuanya secara bergantian dengan didampingi oleh panitia/tentor. Tahapan kedua dalam pembuatan rangkaian
elektronik yaitu setelah peserta workshop selesai menyetrika kemudian jalur yang terdapat pada PCB dilarutkan dengan menggunakan cairan FeCl(feriklorit) yang berfungsi untuk menghilangkan lapisan PCB yang tidak terdapat jalur rangkaian. Tahapan ketiga peserta workshop melakukan pengeboran PCB yang sebelumnya telah dilarutkan dengan menggunakan larutan FeCl. Dalam pengeboran peserta workshop didampingi dengan tentor agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Setelah selesai, tahapan terakhir dalam pembuatan rangkaian elektronik yaitu penyolderan tiap-tiap komponen pada posisinya dengan menggunakan solder secara bergantian. pada penyolderan komponen peserta workshop kondusif karena solder yang digunakan sangat panas. Pada kelompok kedua dalam pembuatan mekanik yang dilakukan yaitu memotong bagian as roda tanker sebanyak 4 kali dengan menggunakan tang. Tahapan kedua dalam pembuatan mekanik yaitu menghubungkan kedua bodi tanker dengan menggunakan lem tembak. Dalam menghubungkan peserta workshop harus presisi untuk mendapatkan hasil yang bagus. Tahapan ketiga menyambungkan bagian depan yang digunakan untuk tempat motor yang digunakan untuk menendang bola dengan bodi yang telah digabungkan sebelumnya. Tahapan keempat memasang motor dibagian depan untuk menendang bola. Setelah setiap kelompok selesai dengan bagiannya masing, maka berikutnya peserta workshop dirolling yang sebelumnya mengerjakan rangkaian elektronik selanjutnya mengerjakan pembuatan mekaniknya. Sebaliknya dengan kelompok yang satunya.

Setalah semua peserta workshop menyelesaikan 2 bagian tersebut maka tahapan terakhir menyambungkan antara rangkaian elektronik dengan bagian mekanik. Adapun beberapa peserta workshop yang mengalami troubleshooting sehingga panitia/tentor membantu dalam melakukan troubleshooting supaya robot yang dibuat peserta workshop berjalan dengan lancar.

Adapun yang menarik dari peserta Workshop dan Pelatihan Robotika yaitu ada 2 peserta kakak adik yang bernama Mar Sanz Estelles dan Noa Sanz Estelles yang merupakan kebangsaan dari Spanyol yang ikut dalam Workshop dan Pelatihan Robotika projek Robot Soccer. Semua peserta workshop dan pelatihan robotika sangat antusias dalam mengikuti Wokshop dan Pelatihan Robotika projek Robot Soccer.

Kami ucapkan kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam event Jogja Robomaker #2 : Workshop dan Pelatihan Robotika Projek Robot Soccer.

Mirza Dhiyaulaq, Avellyan Luna Gonzales, Muhammad Azka Rijal, Muhammad Aryasatya W, Muhammad Dzaky Abdurrahman, Vanya Early Aurella, Amanda Putri Nuraini, Nabila Sabrina Putri, Naila Ayu Az Azhra, Muhammad Sultan Abdurahman, Adyatma Ammar Nashir, Noa Sanz Estelles, Mar Sanz Estelles, Naufal Muwaffaq Muttaqi.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

Location

Visitor

0056642
Hari ini : 4
Total Kunjungan : 56642
Who's Online : 2