Workshop dan Pelatihan Robotika Yogyakarta Robomaker#3

  • 0

Workshop dan Pelatihan Robotika Yogyakarta Robomaker#3

Workshop dan Pelatihan Robotika Yogyakarta Robomaker#3 –¬†dengan Project Robot Laron yang diadakan bulan Februari kemarin tepatnya tanggal 19 februari 2017 berjalan dengan sukses dengan diikuti oleh 10 peserta siswa SD se-DIY. Workshop dan Pelatihan Robotika ini adalah event bulanan yang dilakukan oleh Proactive Robotics School yang bertempat di kantor Proactive di Jl. Wonosari km 07, Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Tujuan dengan diadakannya Workshop dan Pelatihan Robotika ini, untuk mengenalkan siswa tentang dunia robotika yang semakin berkembang.

Jogja Robomaker #3 : Workshop dan Pelatihan Robotika, dibawakan oleh pengisi sekaligus ketua panitia pelaksana, Ardy Candra Widyatmoko, S.Pd. Proses pada Workshop yang diadakan bulan februari kemarin, menggunakan metode yang menyenangkan dan sistematis. Sebelum peserta membuat projek laron robot, peserta workshop terlebih dahulu diberikan perkenalan tentang komponen yang akan digunakan dalam pembuatan projek robot laron. Sehingga peserta workshop dapat memahami nama dan fungsi komponen yang akan digunakan dalam pembuatan projek laron robot. Setelah materi diberikan, kegiatan selanjutnya demonstrasi tentang bagaimana cara membuat pcb yang akan digunakan mulai dari awal pembuatan. Pada saat demonstrasi, salah satu peserta workshop melakukan demonstrasi dengan didampingi oleh tentor yang sudah profesional. Pada demonstrasi pembuatan pcb, peserta melakukan beberapa kegiatan mulai dari cara menyetrika pcb dengan benar, kemudian dilanjutkan dengan menyambungkan jalur pcb yang hilang dengan spidol permanen, selanjutnya pelarutan jalur pcb yang telah sesuai dan tahapan terakhir pengeboran pcb yang dilakukan setiap peserta workshop. Setelah pengeboran pcb yang dilakukan setiap peserta, dilanjutkan penyolderan komponen dengan didampingi oleh tentor-tentor. Secara keseluruhan robot laron yang dibuat oleh peserta semua berjalan dengan baik namun masih ada 1 atau 2 robot laron yang dibuat peserta tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Robot laron yang tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkan tentor yang mendampingi membantu peserta workshop untuk mencari kesalahan maupun komponen yang tidak berfungsi. Diakhir acara peserta workshop dan pelatihan robotika diberikan sertifikat atas pertisipasinya dalam mengikuti workshop dan pelatihan robotika.

Ada menarik dari peserta workshop dan pelatihan robotika #3 yaitu Mar Sanz Estelles dan Noa Sanz Estelles yang merupakan kebangsaan dari spanyol yang sebelumnya juga mengikuti workshop dan pelatihan robotika #2 dengan projek robot soccer. Semua peserta workshop sangat senang karena mendapatkan teman baru dari yang beda sekolah hingga beda negara dan mendapatkan pengelaman baru dalam membuat robot laron diharapkan juga peserta dapat mengembangkan robot sesuai dengan imajinasi dan kreativitas masing-masing peserta.

Selamat kami ucapkan kepada seluruh peserta yang telah berpatisipasi pada event Jogja Robomaker #3 : Workshop dan Pelatihan Robotika projek robot laron.
Annisa Azria Ramadhanty, Iuovo Dhauta Priwibowo, Miftah Ulilfadhilah, Akmad Ramadhani, Sabian Galaxy Pratama Maulana, Naurah Hanron R, Mar Sanz Estelles, Noa Sanz Estelles, Elnino Profetika Zarathrusta, Alfond Putra Maheast.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

Location

Visitor

0093146
Hari ini : 49
Kemarin : 302
Bulan ini : 4321
Total Kunjungan : 93146
Who's Online : 5