19. Eksperimen dengan Joystick

19. Eksperimen dengan Joystick

Penggunaan joystick masih sangat sering digunakan dalam bebrbagai peralatan sebagai alat kontrol gerak. alat kontrol gerak ini mulai dikembangkan menjadi yang lebih simple yaitu dengan penggunaan hp atau mobilephone dengan pembuatan aplikasi android via bluetooth maupun wifi. Dengan pemrograman arduino dengan ardublock akan mempermudah siswa mempelajari arduino tanpa pengetahuan mengenai bahasa pemrograman.

Bab ini menjelaskan penggunaan joystick. Dasar teori dan pengujian peranti ini dibahas.

19.1 Joystick 

Joystick merupakan peranti masukan yang biasa digunakan dalam Petanti ini digunakan untuk inengatur posisi dua dimensi (Yang dinyatakan dengan x dan y). Modul joystick yang biasa digunakan untuk Arduino ditunjukkan pada Gambar 19.1.

Gambar 19.1 Joystick Keyes KY-023

Modul ini memiliki lima pin, dengan fungsi masing-masing seperti berikut:

  • Gnd: Pin ini perlu dihubungkan ke ground.
  • +5V: Pin ini perlu dihubungkan ke sumber tegangan 5V.
  • VRx: Pin ini perlu dihubungkan ke pin analog dan menghasilkan nilai yang mewakili tegangan antara OV dan 5V.
  • VRy: Pin ini perlu dihubungkan ke pin analog dan menghasilkan nilai yang mewakili tegangan antara OV dan 59.
  • SW: Pin ini menyatakan tombol ditekan atau tidak. Resistor IOK perlu dipasang antara pin ini dan pin 5V, sehingga jika tombol tidak ditekan akan membuat pin ini bernilai HIGH. Jika ditekan, maka nilai pin berupa LOW.

Contoh hubungan modul joystick dan Arduino ditunjukkan pada Gambar 19.2. Resistor 10K dipasang untuk menghubungkan pin 8 dan pin 5V.

Gambar 19.2 Rangkaian untuk percobaanjoystick

19.2 Blok untuk Menangani Joystick 

Tiga blok yang terkait dengan joystick ditunjukkan dalam Tabel 19.1 berikut ini.

Ketiga blok tersebut tersedia di laci

Tabel 19.1 Blok-blok untukjoystick

19.3 Contoh Pemantauan Joystick 

Untuk mernpraktikkan penggunaan ketiga blok yang dibahas di depan, Silakan untuk menbuat proyek baru bernama joys . abp. Lalu, susunlah blok Seperti terlihat pada Gambar 19.3.

Gambar 19.3 Blok untuk memantau nilai-nilai yang dihasilkan oleh joystick

Pada proyek ini, blok berikut digunakan untuk memperoleh status tombol joystick yang terhubung ke pin digital 8:

Adapun blok berikut ini digunakan untuk mendapatkan nilai posisi X pada pin VRx yang terhubung ke pin analog AO:

Posisi Y pada pin VRy yang terhubung ke pin analog Al diperoleh melalui:

contoh hasil pengujian joystick diperlihatkan pada Gambar 19.4. Nilai 1 pada tombol menyatakan tombol tidak diklik, sedangkan nilai 0 menyatakan keadaan ketika tombol diklik

Gambar 19.4 Hasil pengujian joystick

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!