Belajar Microcontroller Arduino untuk Pemula dengan Contoh Proyek Menarik

  • 0

Belajar Microcontroller Arduino untuk Pemula dengan Contoh Proyek Menarik

Tags :

Category : aktifasi pemutar audio dengan sensor gas dan ultrasonic di arduino , Cara Instalasi dan Konfigurasi Microcontroller Arduino , cara membaca kode alamat tombol remote di arduino , Deteksi asap sensor gas MQ2 dengan arduino , Deteksi Kelembaban Tanah memicu kran elektrik dengan arduino , Deteksi Kelembaban Udara dengan Arduino , gerakan servo SG90 otomatis derajat , kendali arah servo SG90 dengan potensiometer , kendali LED dan menampilkan ke LCD dengan arduino , kendali LED dengan bluetooh dan android di arduino , kendali melalui socket tcp/ip dengan esp8266 , komunikasi tcp dan ip melalui ethernet LAN di arduino , membaca koordinat bumi dengan GPS di arduino , Pembuatan Proyek Audio dengan Arduino , Pembuatan Proyek LED dengan Arduino , pemutar lagu MP3 dengan arduino , Pendeteksi Getaran dengan sensor Vibration SW420 , Pendeteksi Warna dengan Sensor Warna TCS230 dan TCS3200 dengan arduino , Pengenalan Microcontroller Arduino , pengendali alat melalaui SMS dengan arduino , perbedaan stepper dan servo di arduino , perngertian motor stepper dan motor servo , Proyek Digital Potensiometer dengan Arduino , Proyek Kendali Jarak Jauh dengan arduino , Proyek Keypad dengan Arduino , proyek kontrol motor DC dengan arduino , Proyek LCD dan OLED dengan Arduino , Proyek Lingkungan deteksi air hujan dengan arduino , Proyek Relay dengan Arduino , proyek robot keseimbangan dengan sensor gyroscope di arduino , proyek robot penghindar halangan dengan remote bluetooth , Proyek Sensor Jarak , sensor keamanan dengan kartu RFID dengan arduino , Ultrasonic HCSR04 dan Sensor PIR HCSR501 dengan Arduino

Microcontroller arduino merupakan salah satu jenis microcontroller yang terkenal saat ini. Hal tersebut dikarenakan arduino memiliki banyak keunggulan. Keunggulan dari microcontroller arduino adalah harga arduino yang sangat terjangkau, arduino sangat mudah dirakit meskipun hanya memiliki sedikit pengetahuan elektronika, arduino menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sangat mudah dipahami yakni bahasa C, dan microcontroller arduino didukung oleh banyak komunitas sehingga apabila kita mengalami kendala dan kesulitan dapat mencari penyelesaiannya melalui forum forum arduino secara online.

Pembelajaran microcontroller arduino ini diperuntukkan bagi semua kalangan masyarakat dengan modal sedikit memahami bahasa pemrograman C. Namun apabila anda belum memahami bahasa pemrograman C, maka tidak perlu berkecil hati. Anda dapat banyak mendapatkan literatur bahasa C yang tersebar secara online di internet. Atau anda bisa mempelajari bantuk pembelajaran microcontroller arduino lainnya dengan tidak menggunakan bahasa pemrograman sedikitpun, yaitu dengan melalui pembelajaran arduino dengan menggunakan ardublock.

Dewasa ini arduino tidak hanya dikuasai oleh mahasiswa jurusan elektro saja, tetapi juga dikuasai oleh mahasiswa jurusan lain bahkan siswa SMK sudah mulai menguasai microcontroller arduino. Hal ini disebabkan banyak sekali kegunaan dengan menguasai microcontroller arduino. Kegunaan menguasai microcontroller arduino antara lain sebagai alat otomasi, sebagai alat pengendali elektrik, sebagai alat pengendali mekanik, sebagai alat akuisisi data sensor, sebagai alat monitoring dan masih banyak lagi. Selain itu arduino juga bisa disinergikan dengan alat lain melalui bebrbagai antarmuka seperti serial, wireless (wifi, bluetooth, inframerah) dan lainnya.

Pembelajaran microcontroller arduino kali ini mengenai pemanfaatan sensor dan aktuator menggunakan microcontroller arduino yang disertai dengan beberapa contoh proyek. Hal ini bertujuan agar siswa memahami cara kerja arduino dan komponen pendukungnya dengan sangat mudah sehingga diharapkan dapat mengembangkan lebih lanjut proyek proyek yang dibuat menjadi lebih sempurna.

Adapun proses pembelajaran microcontroller arduino untuk pemula adalah sebagai berikut :

BAB 1. PENGENALAN ALAT MICROCONTROLLER ARDUINO

BAB 2. INSTALASI DAN KONFIGURASI MICROCONTROLLER ARDUINO

BAB 3. PEMBUATAN PROYEK LED

BAB 4. PEMBUATAN PROYEK RELAY

BAB 5. PEMBUATAN PROYEK LCD DAN OLED

BAB 6. PEMBUATAN PROYEK KEYPAD

BAB 7. PEMBUATAN PROYEK LAINNYA DENGAN ARDUINO

BAB 8. PEMBUATAN PROYEK SENSOR JARAK (PROXIMITY) DENGAN ARDUINO

BAB 9. PEMBUATAN PROYEK LINGKUNGAN DENGAN ARDUINO

BAB 10. PEMBUATAN PROYEK KENDALI JARAK JAUH DENGAN ARDUINO

BAB 11. PEMBUATAN PROYEK AUDIO DENGAN ARDUINO

BAB 12. PEMBUATAN PROYEK KONTROL MOTOR DC DENGAN ARDUINO


Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rahasia Bikin Aplikasi Playstore tidak Pake Coding Seri 02

Rahasia Bikin Aplikasi Playstore tidak Pakai Coding Seri 01

ebook murah dan berkualitas. banyak diskonnya. beli segera!!!

TAS MOBIL MULTIFUNGSI

Location

Visitor

0379464
Hari ini : 246
Kemarin : 338
Bulan ini : 4428
Total Kunjungan : 379464
Who's Online : 2
error: Content is protected !!