Penerimaan Mahasiswa Baru UGM

  • 0

Penerimaan Mahasiswa Baru UGM

Universitas Gadjah Mada atau lebih sering dikenal dengan nama UGM adalah sebuah Universitas yang berada di yogyakarta. UGM juga merupakan Universitas negeri pertama yang didirikan setelah Indonesia merdeka. Universitas ini juga masuk kedalam lima jajaran universitas terbaik di Indonesia. Oleh karena itu,banyak orang yang memburu dan ingin masuk ke dalam universitas ini. karena universitas ini juga terbukti mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas di dunia pekerjaan.

Jalur masuk ke Universitas  Gadjah Mada memang beragam, mulai dari jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), jalur SBMPTN, Jalur PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu), dan Jalur UTUL (Ujian Tulis). Berikut ini akan kami jelaskan mengenai masing-masing jalur tersebut beserta jadwal pendaftarannya.

  1. SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur masuk bersama yang diseleksi berdasarkan nilai raport dan sistem akademis. SNMPTN selalu emnjadi incaran para mahasiswa, karena jalur seleksi ini terhitung lebih mudah jika dibandingkan dengan SBMPTN. Karena pada jalur masuk ini calon mahasiswa tidak perlu repot mempersiapkan diri untuk tes. Calon mahasiswa hanya disuruh untuk mengumpulkan syarat-syarat administrasi seperti nilai raport dan lainnya ke sekolah, kemudian sekolah lah yang akan mengurus seleksi masuk ini. calon mahasiswa hanya tinggal menunggu pengumuman yang biasanya diumumkan setelah pengumuman ujian nasional. So.. buat kalian yang pengen masuk universitas melalui jalur ini, kalian harus ekstra rajin dalam belajar agar nilai raport yang kalian dapatkan akan bagus.

  1. SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan kesempatan masuk perguruan tinggi yang dilakukan melalui tes tertulis secara nasional. Kesempatan ini di buka seluas-luasnya bagi semua lulusan SMA/MA/SMK baik yang baru lulus maupun lulus pada tahun lalu  (maksimal 3 tahun terhitung tahun saat mendaftar seleksi). Seleksi ini dilakukan serentak seluruh Indonesia. Calom mahasiswa bisa lulus SBMPTN jika score soal-soal yang di kerjakan memenuhi grade prodi yang dipilih dan lulus perengkingan sesuai kuota setelah memenuhi grade. Untuk info lengkap seputar SBMPTN bisa diakses di https://sbmptn.ac.id/ Saran kami, kerjakan soal lebih mudah terlebih dahulu (karena kita sedang berpacu dengan waktu) dan kerjakan soal yang kemungkinan benarnya min 60% saja (karena setiap soal benar berscore +4 dan salah berscore -1).

  1. Jalur Prestasi PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu)

Jalur masuk ini merupakan bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemempuan akademik yang tinggi namun tidak mampu secara finansial (pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah seluruh anggota keluarga sebesar-besarnya Rp.750.000,- setiap bulannya). Peserta akan mendapatkan beasiswa biaya pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester dari UGM, jika telah memenuhi prestasi yang telah ditetapkan dan di evaluasi setiap tahunnya. Adapun jadwal pendaftaran jalur ini adalah sebagai berikut.

  • Pendaftaran Online : 23 Maret – 10 April 2017
  • Pembayaran Biaya Pendaftaran : 23 Maret – 11 April 2017
  • Pengumuman Lolos Berkas : 14-Apr-17
  • Cetak Kartu Tes : 20-Apr-17
  • Tes Tertulis : 22-Apr-17
  • Pengumuman : 09-Mei-17
  1. Jalur UTUL

UTUL-UGM atau ujian tertulis UGM merupakan seleksi masuk UGM yang diadakan oleh pihak UGM (Jalur mandiri). Peserta seleksi ini diberi kesempatan untuk memilih 3 prodi yang diinginkan. Peluang untuk lulus tes ini lebih besar dari pada dua  jalur tes di atas, jika anda tidak lulus/ tidak bekesempatan ikut SNMPTN atau SBMPPTN  anda bisa memilih jalur ini sebagai alternatif.

  • Pendaftaran Online : 3 – 24 Mei 2017
  • Pembayaran Biaya Pendaftaran : 3 – 26 Mei 2017
  • Cetak Kartu Tes : 01-Jun-17
  • Tes Tertulis : 05-Jun-17
  • Pengumuman : 01-Jul-17

Adapun materi tes tertulis UTUL adalah sebagai berikut :

  • Tes Potensi Akademik (TPA),
  • Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) dan
  • Tes Kemampuan Soshum dan/atau Tes Kemampuan Saintek

Adapun info pendaftaran lainnya dapat diakses di http://um.ugm.ac.id


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Connect with Us!

Location

Visitor

0055590
Hari ini : 40
Total Kunjungan : 55590
Who's Online : 2